home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Ternyata Hobi Baca Bisa Sehatkan Fisik dan Mental!

Rabu, 13 November 2013 10:00 by Dits | 3593 hits
Wah, Ternyata Hobi Baca Bisa Sehatkan Fisik dan Mental!
s1.zetaboards

DREAMERSRADIO.COM - Melakukan kegiatan yang kita sukai pasti punya kepuasaan tersendiri. Lebih asik lagi kalo kebiasaan tersebut bisa membawa dampak baik bagi tubuh. Seperti halnya kegiatan yang satu ini, yap.. ternyata hobi membaca bisa bermanfaat menambah pengetahuan dan juga bisa sehatkan mental dan fisik.

Dilansir dari dailymail.co.uk seorang ahli saraf Baroness Susan Greenfield mengatakan, bahwa membaca bisa memperpanjang perhatian pada anak-anak dan bisa meningkatkan kemampuan pola pikir agar tetap jernih.

"Suatu cerita pasti punya awal, pertengahan, dan akhir. Cerita tersebut memilliki struktur yang bisa merangsang otak untuk bisa berpikir sesuai urutan, menghubungan sebab, akibat, dan keterkaitan. Semakin sering dilakukan makin baik pula daya ingat kita," ucap Greenfield.

Membaca juga bisa memperluas hubungan sesama karena dengan membaca seseorang dapat meningkatkan pemahaman pada kebudayaan lain dan membantunya belajar berempati.

Tim University of Michigan melakukan penelitian dan menemukan bahwa kurang lebih 10 tahun terakhir ini perkembangan teknologi informasi sangat pesat, sehingga terjadi penurunan empati di kalangan mahasiswa sampai 48 persen.

Menurut John Stein, profesor emeritus ilmu saraf dari Magdalen College, Oxford, sesungguhnya membaca bukan kegiatan pasif. "Membaca bisa melatih seluruh otak," ungkap dirinya.

Membaca terbukti dapat menyehatkan mental, hobi ini bisa mengurangi perasaan kesepian dan melupakan masalah sejenak. Tahun 2009 penelitian menunjukkan, membaca enam menit dapat mengurangi level stress seseorang.

Baca juga: Ternyata Ada Beberapa Manfaat Memelihara Hewan yang Telah Dibuktikan Riset!

Konsentrasi yang dilakukan saat membaca bisa mengalihkan pikiran, menenangkan ketegangan otot, dan memperlambat detak jantung. Membaca juga mampu mencegah penuaan otak.

Penelitian dalam jurnal The Archives of Neurology, menyebutkan bahwa membiasakan diri membaca sejak usia dini bisa mencegah penyakit Alzheimers. Orang-orang yang rajin melatih otak secara rutin dengan berbagai kegiatan, seperti membaca, main catur, dan menulis, dijamin memiliki plak lebih sedikit di otaknya.

Yuk, Dreamers mulai biasakan membaca..

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)