home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

3 Latihan ini Bikin Tubuh Tampil Bugar

Jumat, 22 November 2013 16:19 by miko | 1683 hits
3 Latihan ini  Bikin Tubuh Tampil Bugar
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Memiliki tubuh yang selalu segar dan bugar merupakan dambaan setiap orang. Selain sebagai indicator kesehatan tubuh, kebugaran juga membuat orang tidak mudah merasa lelah. Aktivitas yang padat sehari penuh bukan menjadi masalah jika kebugaran dapat dipertahankan.

Menurut dr. Andi Kurniawan Sp.Ko, seorang dokter spesialis olahraga, dari Indonesia Sport Medicibe Centre (ISMC), dalam menjaga kebugaran tubuh perlu dilatih secara rutin. Sejatinya tidak ada kesulitan melatih tubuh agar tetap bugar.

Dilansir dari viva, Andi pun menerangkan setidaknya ada 3 jenis latihan kebugaran yang dapat membuat menjadi segar:

1. Jantung dan paru
Untuk melatih kebugaran jantung dan paru-paru maka diperlukan olahraga fisik yang bersifat aerobic seperti bersepeda, lari, jalan kaki, atau senam, sehingga kebugaran tersebut bisa menimbulkan energy yang selalu didistribusikan tepat waktu.

Latihan dilakukan selama 15-30 menit setiap hari. Ia pun menyarankan latihan dilakukan pada pagi hari sebelum kendaraan banyak dilalui kendaraan. Latihan pagi hari juga memungkinkan tubuh lebih segar dan memperoleh limpahan vitamin D dari sinar matahari.

2. Otot

Baca juga: Lakukan Gerakan Sederhana Ini untuk Dapatkan Pinggang Ramping

Untuk mendapatkan kebugaran otot sebaiknya lakukan latihan beban. Latihan tersebut akan membentuk otot bekerja maksimal supaya beban bisa terangkat. Latihan ini berguna akan tubuh tidak mudah lelah walau banyak melakukan aktivitas.

Tentunya banyaknya beban disesuaikan dengan kondis tubuh. Jika tidak ada beban, Andi menyarankan latihan sit up, push up, atau squat. Sit up melatih kekuatan otot perut dengan gerakan bangun dan tidur. Push up melatuh kekuatan lengan atas dan bawah, dengan mendorong tubuh menjauhi lantai. Sedangakn squat melatih otot kaki dengan gerakan jongkok dan berdiri.

Latihan sebaiknya dilakukan rutin 2-3 set setiap hari, dengan istirahat 1-2 menit tiap setnya. Untuk pemula Andi menyarankan 10 kali gerakan tiap setnya. Jumlah set bisa bertambah seiring kemampuan tubuh.

3. Kelenturan
Kelenturan menentukan tubuh yang selalu bebas bergerak. Untuk melatih kelenturan Andi menyarankan rutin melakukan pemanasan (stretching) sebelum beraktivitas. Gerakan stretching menitik beratkan pada persendian, misalnya leher, bahu, lengan, atau kaki.

Pemanasan juga memungkinkan tubuh tidak kram saat beraktivitas. Andi menyarankan untuk rutin stretching sebanyak 1-2 set. Satu set dilakukan dalam 10-15 detik.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)