home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian: "Olahraga Tak Bikin Otak Tergoda Makanan Berlemak"

Kamis, 19 Desember 2013 17:11 by miko | 1941 hits
Penelitian: "Olahraga Tak Bikin Otak Tergoda Makanan Berlemak"
cardiotrek.ca

DREAMERSRADIO.COM - Banyak penelitian yang melaporkan manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, olahraga pun dapat membantu kamu yang sedang diet. Pasalnya dalam penelitian terbaru dari Amerika Serikat menemukan kalau olahraga rutin membuat otak tak tergiur dengan makanan berlemak atau berkalori tinggi.

Dilansir dari Menshealth, tim peneliti dari Harvard Medical School menemukan fakta tersebut dengan mambandingkan orang yang rutin ke gym dengan yang tak pernah berolahraga. Hasilnya mereka yang rajin olahraga  tidak terlalu bereaksi dengan makanan berkalori tinggi.

Hal tersebut dapat dilihat pada bagian otak yang berfungsi memperlihatkan kenangan terhadap makanan. Mereka yang gemar menjaga badan dengan latihan fisik meletakan makanan berlemat atau kalori tinggi pada skala keinginan yang paling bawah, apalagi dengan makanan yang rasanya gurih.

“Dengan olahraga rutin saja, Anda tak hanya membakar kalori tapi juga mengubah cara otak Anda bereaksi terhadap makanan-makanan tertentu,” ungkap peneliti William Killgore, Ph.D.

Baca juga: Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Picu Penyakit Jantung

Mengapa hal ini bisa terjadi? Killgore menduga latihan fisik meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap leptin atau protein dalam sel lemak yang bertugas mengendalikan selera makan dan mengirim pesan bahwa sudah merasa kenyang ke otak.

“Atau bisa jadi ini karena Anda merasa lebih baik sehabis berolahraga, karena olahraga dapat bertindak sebagai semacam reward mental, sehingga Anda tak begitu membutuhkan camilan berkalori tinggi, dan aktivitas ini sekaligus meningkatkan mood Anda,” terangnya.

Tak sukar untuk mendapatkan manfaat ini karena sudah bisa diperoleh hanya dengan olahraga tiga kali seminggu, rata-rata 40 menit.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)