home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Sehat? Berikut Tips Kurangi Beban Kerja Sistem Pencernaan

Selasa, 31 Desember 2013 22:00 by miko | 2336 hits
Ingin Sehat? Berikut Tips Kurangi Beban Kerja Sistem Pencernaan
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Kesehatan tubuh banyak dipengaruhi oleh asupan makanan. Nah dari sana, maka beban terberat tubuh terdapat pada sistem pencernaan. Meringankan beban pencernaan tentu akan membantu menjaga kesehatan. Untuk melakukannya pun dapat dilakukan dengan mudah kok.

Dilansir dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, karya Andang Widhawari Gunawan seorang ahli terapi nutrisi memberikan beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kinerja sistem pencernaan:

1. Minum air putih hangat saat bangun tidur
Minum air putih pada bangun tidur dan dicampur dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon untuk melancarkan pencernaan. Lakukan olahraga ringan secara teratur, misalnya senam pernapasan, jalan kaki, atau lompat tali.

2. Perhatikan Porsi Makan
Lebih baik makan 3 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil, daripada 1 kali tapi dalam porsi berlebihan. Pertimbangkan keterbatasan daya tampung lambung.

3. Sarapan Pagi
Biasakan makan pagi walaupun hanya dengan sepotong buah atau segelas jus buah segar. Sarapan lengkap 4 sehat 5 sempurna tidak serasi dengan siklus tubuh di pagi hari. Terlalu banyak makan makanan padat akan menguras habis energi tubuh. Akibatnya, tubuh akan cepat lesu dan mengantuk sepanjang pagi.

4. Jangan menahan lapar
Sebaiknya hindari kebiasaan menahan lapar, hanya karena bukan saat jam makan. Makanlah camilan bergizi, seperti buah-buahan.

5. Jangan banyak minum sembari makan.
 Sebaiknya minum segelas jus sayur segar 15 menit sebelum makan dan air putih 1 jam sesudah makan.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)