home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hiiii.. Warga Oga Peninsula Jepang Rayakan Tahun Baru Dengan 'Setan'!

Jumat, 01 Januari 2016 17:15 by Dits | 5755 hits
Hiiii.. Warga Oga Peninsula Jepang Rayakan Tahun Baru Dengan 'Setan'!
Image source: goldenjipan

DREAMERSRADIO.COM - Jika biasanya saat menyambut tahun baru berbagai acara meriah digelar dengan pertunjukan kembang api, maka beda halnya dengan yang dilakukan penduduk Oga Peninsula, Akita, Jepang. 

Penduduk Oga Penisula merayakannya pergantian tahun bersama ‘Setan’ atau biasa disebut dengan nama Namahage. Dikabarkan bahwa tradisi ini telah dilakukan sejak 2000 tahun lalu, Namahage sendiri adalah sosok ‘Setan’ yang berkeliling rumah dan masuk dari satu pintu rumah ke pintu rumah lainnya untuk menakuti anak – anak yang nakal dan malas.


Image source: flickr.com

Eits, tapi tak usah khawatir, karena ‘Setan’ yang muncul dalam perayaan tahun baru ini sebenarnya hanya sekelompok orang yang menyamar sebagai Namahage dengan topeng setan dan jubah jerami.


Image source: namahage-okita.jp

Dilansir dari Japan Today, terdapat beberapa versi cerita yang berbeda mengenai asal mula Namahage. Sebagaian menceritakan bahwa awalnya sosok Namahage merupakan seorang pelaut yang kapalnya rusak. Ada juga yang mengungkapkan jika Namahage sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Kaisar Cina sejak 2000 tahun yang lalu. Walaupun ada perbedaan versi cerita, namun sosok ‘Setan’ ini pun sudah menjadi tradisi warga Akita hingga kini.


Image source: japantoday.com

Tradisi Namahage secara turun-temurun rutin dilaksanakan di kota Akita. Setiap tahun orang-orang berpakaian seperti Namahage lalu pergi ke tiap rumah. Saat Namahage pertama tiba di rumah, biasanya mereka menginjak-injak, mengaum, menggeram dan umumnya menakuti anak-anak kecil. Menariknya, para orang tua memanfaatkan tradisi ini untuk meminta bantuan Namahage agar menegur anak mereka yang memiliki sikap tidak baik.

Uniknya, setiap kunjungannya ke rumah-rumah, Namahage akan ditawari minuman sake. Lalu mereka ang berkostum Namahage akan bergegas ke kuil untuk membuang kostum tersebut. Kemudian jerami-jerami yang jatuh di rumah penduduk ketika Namahage datang akan disimpan setiap pemilik rumah, jerami tersebut dianggap sebagai benda keberuntungan. 

Baca juga: Melihat Tradisi Pergantian Tahun Baru Warga Korea Selatan

 


Image source: japantoday.com

 

Saat ini tradisi Namahage terbuka untuk umum dan bisa disaksikan para wisatawan lokal maupun mancanegara, tradisi ini digelar di tempat umum di Namahage Museum yang berada di tengah kota. Tak hanya aksi unik saja yang bisa disaksikan, namun hadir pula sebuah parade yang biasa disebut sebagai Namahage Sedo Festival. Berbagai kegiatan pun disajikan mulai dari berbagai kostum Namahage, film, dan pembuatan topeng Namahage.

Tertarik rayakan tahun baru bersama Namahage, Dreamers?

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)