home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pelatihan Konsentrasi Bisa Tingkatkan Fokus Belajar Mahasiswa

Rabu, 22 Januari 2014 19:00 by miko | 2615 hits
Pelatihan Konsentrasi Bisa Tingkatkan Fokus Belajar Mahasiswa
tiaraayupratiwi.blogspot.

DREAMERSRADIO.COM - Dunia mahasiswa memang memiliki dunia yang berbeda dibandingkan dengan waktu SMA. Kegiatan organisasi, jadwal kuliah, dosen yang galak membuat mahasiswa tertekan sehingga menyebabkan kesulitan untuk fokus pada saat perkuliahan.

Masalah yang dialami anak muda tersebut ternyata mengundang minat peneliti University of Miami. Mereka pun merancang sebuah program pelatihan konsentrasi. Pelatihan ini pun dilakukan selama tujuh minggu.

“Program ini adalah program pertama yang terintegrasi dalam kalender akademik. Program ini bukanlah mata kuliah, namun wajib dilakukan oleh para mahasiswa sesuai jadwal perkuliahan mereka," ujar Amishi Jha, peneliti dari Department of Psychology in the College of Arts and Sciences, University of Miami.

Dilansir dari Huffingtonpost, untuk menjalankan program ini peneliti mengambil sampel 58 mahasiswa S1 dari University of Miami. Seluruh mahasiswa dibagi dua kelompok. Satu kelompok mengikuti pelatihan konsentrasi selama 7 minggu, sedangkan kelompok lainnya tidak mengikuti program tersebut.

Baca juga: Intip Simulasi Latihan yang Selalu Dilakukan Para Pramugari Singapore Airlines

Sementara itu, kemampuan konsentrasi mereka di uji pada awal semester, yang nantinya akan dibandingkan dengan uji konsentrasi kedua menjelang akhir semester. Hasilnya mahasiswa yang mengikuti program konsentrasi mengalami kenaikan konsentrasinya.

“Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya para mahasiswa tersebut melamun di kelas. Mereka juga dapat mengerjakan tugas dengan lebih baik sesuai petunjuk yang telah diberikan,” terang Jha.

Mahasiswa yang mengikuti program ini juga mengalami peningkatan dalam nilai ujiannya. Meski begitu, Jha mengatakan bahwa program ini tidak bisa membuat mahasiswa menjadi lebih pintar.

“Kemampuan anda untuk menyimpan apa yang telah dipelajari memang tidak meningkat, namun dengan pikiran yang lebih terkonsentrasi, mahasiswa tidak akan lagi sering melamun, dan hal itu berdampak pada tingkat pembelajaran yang lebih baik,” tambahnya.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)