home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Keputusan Hakim Terkait Tuduhan Plagiat Film ‘The Matrix’

Selasa, 29 April 2014 23:00 by Dits | 3512 hits
Ini Keputusan Hakim Terkait Tuduhan Plagiat Film ‘The Matrix’
mosaicpostersfrommoviesce

DREAMERSRADIO.COM - Kasus plagiat yang dituduhkan penulis Thomas Althouse ke pihak Warner Bros untuk film 'The Matrix' pada tahun 2013 lalu memang sempat menggemparkan dunia perfilman Hollywood. Althouse menganggap bahwa film yang juga melibatkan produser Joel Silver dan penulis sekaligus sutradara Andy dan Lana Wachowski tersebut telah mencuri naskah cerita yang ia buat untuk film 'The Immortals'.

Ia mengklaim bahwa telah menyelidiki dan menemukan kesamaan antara naskah buatannya ‘The Immortals’ dan trilogi ‘The Matrix Reloaded’ dan ‘The Matrix Revolutions’ pada tahun 2010 lalu. Ia mengatakan bahwa sebelumnya ia pernah menyerahkan naskah ke pihak Warner Bros pada tahun 1993 silam.

Kasus yang sempat menyita perhatian ini akhirnya menemukan titik temu dimana pihak Warner Bros dinyatakan tidak bersalah dan menang dalam gugatan pengadilan yang diputuskan oleh hakin distrik AS, R.Gary Klausner pada Senin, 28 April 2014 kemarin. Dalam putusan tersebut menyatakan bahwa tidak ditemui kesamaan substansial antara naskah trilogi ‘The Matrix’ dan Thomas Alhouse ’The Immortals’.

Warner Bros berpendapat bahwa Wachowski bersaudara mulai bekerja menggarap ’The Matrix’ pada tahun 1992 dan telah menyelesaikan draft naskah untuk ketiga filmnya pada tahun 1993. Menurut pihak Warner Bros, naskah Althouse bercerita tentang agen CIA yang memperoleh keabadian dari obat dan menemukan dirinya di tahun 2235. Tokoh utama pun bertarung dengan Nazi versi baru yang berusaha untuk menghancurkan orang-orang yang tak bisa memiliki keabadian. 

Sedangkan trilogi ‘The Matrix’ menceritakan tentang mesin yang menjebak pikiran manusia di dalam dunia maya bernama The Matrix. Tokoh utamannya, Neo, berusaha untuk membebaskan manusia dari perbudakan oleh mesin dan melindungi kelompok pemberontak yang hidup bebas di dunia nyata. 

Hakim R.Gary Klausner menyatakan bahwa tema dasar kedua film ini sangat berbeda, sehingga tidak ada kemiripan yang substantial dikeduannya, alhasil gugatan yang dituduhkan ke pihak Warner Bros hanyalah mengada - ada.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)