home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Olahraga Saat Puasa? Kenapa Tidak!

Rabu, 02 Juli 2014 16:08 by lenargh | 5230 hits
Olahraga Saat Puasa? Kenapa Tidak!
fit-faqs.com

DREAMERSRADIO.COM - Biasanya saat berpuasa, orang-orang cenderung malas untuk berolahraga dengan alasan tidak adanya sumber energi yang datang dari makanan. Lagipula berolahraga saat puasa bisa membuat lemas dan haus sementara orang yang berpuasa tidak boleh minum dan makan. Lalu apa selama berpuasa kita harus bermalas-malasan?

Olahraga adalah hal yang sangat penting karena dengan olahraga, tubuh akan terasa lebih bugar, daya tahan tubuh akan terjaga, daya ingat semakin kuat, mengurangi stres, dan memperlancar peredaran darah. Olahraga juga bisa mengurangi resiko serangan jantung. Dalam kondisi apapun, olahraga harus tetap dilakukan dan sebaiknya tidak ditinggalkan. Namun waktu pelaksanaan, jenis olahraga, dosis, dan lamanya waktu olahraga perlu disesuaikan dengan kondisi puasa dan kondisi tubuh seseorang.
 
Olahraga saat berpuasa dapat dilakukan dengan intensitas 40-50% lebih sedikit dari jumlah olahraga yang dilakukan saat tidak berpuasa. Intensitas olahraganya pun harus ringan, sehingga tidak memberatkan bagi orang yang berpuasa. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan sebelum olahraga, lakukan peregangan untuk mencegah terjadinya cedera atau nyeri otot.
 
Lalu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa? Dokter spesialis gizi Saptawati Bardosono, seperti yang dikutip dari Kompas, berkata bahwa 30 sampai 60 menit menjelang waktu berbuka adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Karena setelah olahraga, kita bisa langsung minum untuk mengganti cairan yang hilang. Energi yang menurun pun langsung tergantikan saat mengkonsumsi makanan yang manis, misalnya buah kurma.
 
Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga saat puasa. Jangan jadikan puasa untuk berdiam diri hingga waktu berbuka tiba. Kesehatan badan harus tetap terjaga. Semangat ya, Dreamers!

Baca juga: Peristiwa Membanggakan Nasional yang Datang Dari Dunia Olahraga Sepanjang 2021!

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)