home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini 5 Makanan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa

Sabtu, 05 Juli 2014 13:30 by ridhawr | 18876 hits
Ini 5 Makanan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa
theblondcook.com

DREAMERSRADIO.COM - Setelah berpuasa hampir 14 jam pasti disaat berbuka puasa kita ingin menyantap berbagai macam makanan yang lezat dan menggugah selera. Banyak juga dari kita yang sekedar ‘lapar mata’ ketika melihat makanan dan dengan asal membelinya.

Namun, cobalah untuk menahan diri untuk tidak ‘lapar mata’ dan memperhatikan jenis makanan serta minuman yang akan dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Dilansir dari jpost.com jika kita mengkonsumsi makanan yang berat seperti langsung memakan nasi, roti, atau bahkan gorengan malah akan membuat perut kamu sakit. Jika kamu tidak menjaga makanan serta minuman yang akan dikonsumsi saat buka puasa bisa saja kamu terkena penyakit maag, sakit kepala dan bisa jadi kekurangan vitamin.

Menurut jpost.com, selama bulan puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman dibawah ini saat berbuka puasa agar kesehatan tubuh anda dapat terjaga.

1. Air Putih
Apa yang menjadi hal pertama kamu konsumsi setelah adzan Maghrib berkumandang? Langsung menyantap gorengan? Atau es buah? 10 persen suplai air dalam tubuh kita akan menurun menjadi 2 persen ketika kita berpuasa. Itu adalah tanda dari dehidrasi yang akan menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala, dan lelah.

Maka sangat dianjurkan sekali langsung meminum air putih disaat berbuka puasa. Agar oksigen dalam tubuh kita kembali normal. Pastikan meminum satu hingga 2 gelas terlebih dahulu sebelum menyantap makanan lainnya.

Baca juga: Selamat Berpuasa! Begini Lho Detail Hasil Sidang Isbat Ramadhan 1441 H Via Online

2. Buah yang kaya akan air
Biasanya buah-buah segar seperti semangka, anggur melon, menjadi penutup setelah makan besar. Namun, lain halnya saat berbuka puasa. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buah yang kaya akan air agar mudah untuk dicerna serta tubuh akan kembali dengan nutrisi serta energy dengan cepat. Hindari buah-buahan yang asam, seperti nanas dan belimbing. Karena kandungan asamnya tidak baik untuk pecernaan serta lambung.

3. Sup
Ketika kita sakit, pasti kita banyak mengkonsumsi sup. Begitu juga saat kita berbuka puasa, setelah mengkonsumsi buah-buahan ada baiknya kita makan sup. Sup yang mengandung sayur-sayuran sangat baik untuk tubuh dengan mengisi kembali vitamin serta mineral yang telah berkurang karena puasa.

4. Kentang
Setelah tubuh perlahan sudah beradaptasi dengan air putih, buah serta sup. Saatnya untuk mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat. Nasi juga mengandung karbohidrat, namun lain ketika kita sedang berbuka puasa. Baiknya kita mengkonsumsi kentang! Kentang mengandung beta-karoting, vitamin C dan potassium yang dapat memberikan energy untuk tubuh. Konsumsilah kentang, karena tidak akan membuat kadar gula darah kita langsung meninggi.

5. Telur
Yang terakhir adalah telur. Selain sangat mudah untuk dipersiapkan, telur rebus adalah cara termudah untuk mengisi kembali protein dalam tubuhmu. Karena 1 butir telur mengandung 6 gram protein tinggi serta 9 kandungan asam amino.

Dreamers, yuk kita berbuka puasa dengan konsumsi makanan serta minuman yang sehat! ^^

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)