home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Aplikasi Ramadhan Khusus untuk Penderita Diabetes!

Jumat, 04 Juli 2014 19:00 by syaifan | 1906 hits
Ini Aplikasi Ramadhan Khusus untuk Penderita Diabetes!
digitalspy.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Bagi penderita Diabetes, menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Kondisi fisik yang mereka alami karena diabetes menjadi salah satu penyebab yang membuat mereka harus lebih pintar mengatur strategi untuk menjalani ibadah puasa.

Beruntung, kini para penderita diabetes mulai mendapatkan kemudahan dengan diluncurkannya sebuah aplikasi ponsel pintar yang membantu mereka tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Dirilis di Senegal, aplikasi tersebut bernama ‘mRamadan’.

Aplikasi buatan Be He@alth Be Mobile yang bekerjasama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tersebut akan mengirimkan banyak pesan singkat kepada para pengguna yang menderita diabetes yang berisi bimbingan dan informasi baik sebelum hingga selesai menjalankan ibadah puasa.

Tujuan dari perilisan aplikasi ini, antara lain adalah menekan jumlah pasien diabetes dalam kondisi gawat darurat yang biasanya terjadi cukup sering selama bulan Ramadhan. Selain itu, tentu saja untuk meningkatan efektifitas ibadah mereka selama bulan Ramadhan.

“Kadang kala rasanya cukup sulit untuk menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan bagi penderita diabetes. Belum lagu di Senegal mayoritas warganya adalah Muslim. Dengan hadirnya aplikasi ini kami merasa cukup terbantu,” ujar Marie Gadio, berusia 26 tahun yang terkena diabetes sejak 13 tahun kepada VOA.

Baca juga: Mulai Ramai Jadi Syarat Masuk Lokasi Tertentu, Mengapa Aplikasi PeduliLindungi Dikritik Menyusahkan Pemerintah?

Menurut salah satu dokter, diabetes memang bisa menjadi sangat komplikasi jika penderitanya menjalani ibadah puasa. Maka dari itu, informasi dan bimbingan di aplikasi tersebut sangat membantu para penggunanya.

“Resiko pertamanya adalah Hypoglikemia, yang sangat berbahaya untuk otak. Yang berikutnya adalah resiko hiperglikemia, karena ketika berpuasa, diabetes mereka semakin jarang dikontrol. Dan mereka tidak bisa mengonsumsi obat seperti saat tidak berpuasa,” jelasa Dokter Maimona Ndour Mbaye.

Untuk sejauh ini, belum diketahui apakah aplikasi tersebut bisa digunakan oleh penderita diabetes di luar Senegal atau tidak. Tapi yang jelas, aplikasi ini adalah sebuah terobosan untuk membantu agar penderita diabetes tetap bisa berpuasa dengan normal.

Waah.. keren ya, Dreamers! ^^ (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)