home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sup Rumput Laut, Hidangan Ulang Tahun Khas Korea yang Menyehatkan

Selasa, 28 Oktober 2014 12:18 by fzhchyn | 27762 hits
Sup Rumput Laut, Hidangan Ulang Tahun Khas Korea yang Menyehatkan
blog.daum.net

DREAMERSRADIO.COM - Orang korea biasa menyantap Miyeokguk atau sup rumput laut saat berulangtahun. Sup rumput laut juga dijadikan hidangan pasca-melahirkan karena manfaat kesehatannya yang menakjubkan, dan juga dapat menenangkan perut.

Rumput laut merupakan sumber kalsium, yodium, serat, omega, vitamin B1 & B3, serta rendah kalori. Rumput laut juga dipercaya memilki manfaat kesehatan yang banyak, seperti regulasi metabolisme, pemurnian darah, menyembuhkan sembelit, detoksifikasi, anti-karsinogen, anti penuaan, dan lain sebagainya.  

Tradisi wanita yang habis melahirkan dan makan rumput laut sudah ada sejak Dinasti Goryeo ketika orang mengamati paus yang makan rumput laut setelah melahirkan. Alasan mengapa menyantap sup rumput laut saat berulang tahun adalah untuk mengingat kerja keras ibu dalam melahirkan dan membesarkan anak-anaknya.

Di Korea bagian selatan, orang membuat sup rumput bersama dengan makanan laut laut lainnya seperti tiram, kerang, landak laut, abalone, dan lainnya dan bukannya daging sapi. Namun untuk alternatif, dapat pula menggunakan daging ayam jika tidak mengkonsumsi daging merah. Simak cara membuatnya yuk Dreamers!

Bahan-bahan:

1 ons rumput laut kering
9 ons daging sapi (potong dadu untuk sup)
1 sdm garam
1 sdt kecap
1 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
2 sdt minyak wijen

Sebagai pilihan, dapat pula disajikan air beras. Sediakan 9 cangkir air dan 2 cangkir beras.

Caranya:

Baca juga: Restoran Jjamppong No. 1 dari Korea, Ebiga Jjamppong Hadir di Indonesia

- Rendam 10-20 gram rumput laut kering ke dalam air selama 30 menit. Lebih dari satu jam adalah ukuran yang ideal. Namun tergantung dari seberapa kering rumput laut.

- Tiriskan dan rendam sekali lagi. Setelah itu potong rumput laut sesuai ukuran yang diingikan.

- Siapkan mangkuk besar untuk mencuci beras. Tuang 9 cangkir air dan cuci beras hingga air berubah warna menjadi putih susu. Air ini nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar sup.

- Tumis daging yang sudah dipotong-potong dalam panci besar dengan minyak wijen dan terus aduk selama 3 menit dengan api tinggi. Masukkan rumput laut dan tumis selama lima menit. Tambahkan minyak wijen jika mulai lengket di panci.

- Tambahkan 9 cangkir air beras, 1 sendok teh bawang putih halus, ½ sendok teh garam dan 1 sendok makan kecap ke dalam panci berisi daging dan rumput laut. Rebus dengan api tinggi selama 30 menit.

- Sup rumput laut siap disajikan dengan nasi, kinchi, atau makanan pendamping lainnya.

source: crazykoreancooking.com

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)