home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Sakit Leher dan Bahu? Cek 8 Tips Sederhana untuk Meredakannya

Selasa, 06 Januari 2015 18:02 by fzhchyn | 4887 hits
Sering Sakit Leher dan Bahu? Cek 8 Tips Sederhana untuk Meredakannya
familychiropracticcolumbu

DREAMERSRADIO.COM - Bekerja di depan laptop atau komputer seharian atau tidur dalam posisi yang tidak wajar adalah beberapa penyebab masalahh sakit leher, bahu, atau punggung. Rasa sakit tersebut pasti akan mengganggu aktivitas di hari berikutnya.

Untuk mengatasi sakit leher tersebut, tips dan pengobatan dari lifehack.org berikut ini secara alami dapat meringankan rasa sakit dan tentunya menghindari untuk mengkonsumsi obat-obatan pembunuh rasa sakit.

1. Kompres dengan air hangat

Ini adalah pengobatan paling sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Hanya dengan meletakkan kantung air panas atau atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat ke bagian leher dan bahu, ini akan membuat otot-otot menjadi relaks. Tapi pastikan untuk tidak memijatnya terlalu keras.

2. Pijat

Minta rekan kerja atau keluarga untuk memijat otot-otot trapezius yang ada di bagian bawah tengkorak kepala sampai punggung dan bahu. Pastikan untuk memijatnya terlalu keras.

3. Latihan leher

Lakukan gerakan-gerakan sederhana pada leher seperti memutarnya. Tarik napas saat menarik kepala ke belakang dan buang napas saat menundukkan kepala ke dada. Putar leher searah jarum jam 7-8 kali dengan lembut. Lalu lakukan hal yang sama dengan berlawanan arah jarum jam. Hal ini akan membuat oto-otot relaks dan juga membuat otot tetap kuat.

4. Jangan terlalu stres

Lakukan peregangan dengan menarik bahu ke belakang lalu angkat tangan setinggi mungkin, tahan selama beberapa detik, lepaskan, dan ulangi beberapa kali.

Baca juga: Cara Sederhana Meredakan Sakit Leher dan Bahu yang Patut Dicoba

5. Hindari posisi dan aktivitas yang tidak nyaman

Kurangi menyetir, hindari mengangkat barang berat atau duduk dengan posisi yang membuat stres bahu, leher, dan lainnya.

6. Peregangan bahu

Putar sendi bahu ke depan dan ke belakang. Satukan jari-jari dan angkat tangan ke atas kepala. Tahan selama satu menit lalu turunkan lengan.

7. Coba makanan yang ‘menyembuhkan’

Coklat hitam mengandung banyak flanovol yang dapat membantu meningkatkan aliran darah sehingga meredakan otot-otot yang lelah tersebut. Blueberry, buah delima, biji labu, jahe, dan buah ceri juga memiliki zat inflamatory yang dapat meringankan otot.

8. Istirahat

Ambil waktu istirahat dengan menonton acara tv atau film favorit dan pergi tidur. Pastikan untuk tidur dengan bantal yang rendah dan nyaman. Dan jika masalah sakit leher ini tetap berlanjut, segera periksakan ke dokter.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)