home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cari Tahu Mengapa Tak Boleh Gunakan Gadget Saat Akan Tidur

Rabu, 07 Januari 2015 19:58 by fzhchyn | 7265 hits
Cari Tahu Mengapa Tak Boleh Gunakan Gadget Saat Akan Tidur
blisstree.com

DREAMERSRADIO.COM - Punya kebiasaan menggunakan gadget saat akan tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa perangkat-perangkat elektronik ini dapat “mencuri tidur” dari anak-anak dan orang dewasa.

Namun bagaimana sebenarnya perangkat elektronik atau gadget ini dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan? Dikutip dari lifehack.org, elektronik bekerja pada tubuh secara fisik dan pikiran yang dapat mempengaruhi jadwal tidur. Dan berikut adalah lima cara benda elektronik seperti smartphone, komputer, dan TV  mempengaruhi kualitas tidur.

1. Blue light menekan hormon melatonin

Cahaya biru yang terpancar dari televisi, smartphone, tablet, komputer dan lampu LED diyakini berperan sangat penting terhadap kualitas tidur seseorang. Penelitian terbaru di Harvard University dan Toronto University menemukan bahwa cahaya dalam spektrum biru bekerja pada tubuh seseorang dengan menekan melatonin alami.

Karena melatonin adalah hormon yang menyebabkan rasa kantuk, maka cahaya biru ini akan menekannya sehingga orang sulit merasa mengantuk.

2. Stimulasi dan stres membuat pikiran tetap terjaga

Elektronik aktif dan menarik seperti tablet, laptop, smartphone, an tv merangsang pikiran seseorang dan mengalihkan perhatian dari tidur. Sebuah studi terbaru di Norwegia menunjukkan adany ahungungan antara penggunaan komputer dan smartphone dengan insomnia.

Baca juga: Peringati Hari Tidur Sedunia, Penelitian Ungkap Orang Semakin Kurang Tidur

3. Masalah berat badan

Faktor kenaikan berat badan dan obesitas memang banyak, namun kebiasaan tidur yang kurang sehat juga muncul dalam penelitian beberapa tahun terakhir. Hal ini diyakini bahwa kekurangan tidur berpengaruh pada metabolisme tubuh dan juga adanya waktu tambahan saat terbangun untuk makan.

4. Menunda tidur dapat pengaruhi kesehatan dan produktivitas

Sebuah survei di Australia yang melibatkan para remaja menemukan bahwa penggunaan benda elektronik di malam hari dikaitkan dengan keterlambatan jadwal tidur dan terlambat bangun.

5. Aktivitas di tempat tidur

Melakukan kegiatan di tempat tidur seperti menonton TV, bermain game, bekerja, atau belajar bisa berdampak buruk bagi kualitas tidur. Ahli kesehatan merekomendasikan tempat tidur hanya untuk melatih pikiran untuk tidur yang lebih baik. Jika tidak bisa tidur setelah beberapa menit, lebih baik keluar untuk membaca atau mendengarkan musik sampai merasa mengantuk.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)