home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Ada Zat Berbahaya dalam Kolam Renang!

Jumat, 16 Januari 2015 13:19 by fzhchyn | 4048 hits
Hati-hati, Ada Zat Berbahaya dalam Kolam Renang!
Image source: infinityhou

DREAMERSRADIO.COM - Berenang merupakan salah satu olahraga air yang banyak dilakukan orang karena kemudahan dari segi tempat. Meski tak memiliki kolam renang di rumah, seseorang dapat melakukan latihan di tempat gym yang menyediakan kolam renang indoor.

Orang mungkin berfikir bahwa menggunakan kolam renang umum telah diperkaya dengan klorin yang cukup untuk membunuh zat-zat jahat. Tapi Dreamers, ada sebuah penelitian yang mungkin akan membuat kalian berpikir dua kali.

Dilansir mowenshealthmag, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Environmental Science & Technologi Letters telah dilakukan pada efek farmasi dan produk perawatan pribadi dalam air minum sejak akhir tahun 1990an.

Tetapi penelitian kecil telah menilik apakah produk sampingan yang disebut PPCP yang digunakan untuk kolam renang berbahaya bagi perenang. Jadi tim peneliti dari Purdue University mengambil sampel air dari tiga kolam renang, dua dari kolam renang perguruan tinggi dan satu dari kolam renang SMA. Seteah dianalisis, para peneliti mendeteksi tiga zat tertentu, seperti DEET (bahan aktif dalam semprotan serangga), kafein, dan zat tahan api yang disebut TCEP.

Baca juga: Berenang Jadi Salah Satu Olahraga yang Efektif Turunkan Berat Badan

Meskipun para peneliti tidak yakin bagaimana TCEP bisa berada di air, mereka berspekulasi bahwa DEET berasal dari semprotan serangga yang didapat dari kulit perenang. Sementara itu, kafein mungkin masuk ke dalam kolam renang melalui “ekskresi manusia”, dengan kata lain melalui keringat dan urin.

Namun, jangan dulu merasa takut dan tidak ingin berenang, para peneliti mengatakan hal ini masih dalam tahap aman. “Saat ini tidak alasan untuk memberikan peringatan,” kata Blatchley, dan menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. Para peneliti hanya menyarankan untuk berhati-hati agar tidak menelan air kolam. Serta mandi sebelum berenang untuk membersihkan seluruh zat kimia agar tidak larut dalam air kolam.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)