home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minuman Manis Ternyata Pengaruhi Wanita Menstruasi Lebih Dini

Kamis, 29 Januari 2015 16:27 by fzhchyn | 1855 hits
Minuman Manis Ternyata Pengaruhi Wanita Menstruasi Lebih Dini
Image source: 7-themes.co

DREAMERSRADIO.COM - Remaja perempuan yang banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak gula, seperti soda, seringnya mendapat menstruasi lebih awal dibandingkan dengan remaja yang tidak, menurut sebuah studi terbaru, dikutip dari Health.

Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction, para peneliti menguji 5583 remaja perempuan yang berusia 9 sampai 14 tahun dengan tahun kelahiran antara 1996 dan 2001.

Mereka menemukan bahwa remaja yang meminum lebih dari 1,5 penyajian minuman dengan pemanis buatan sehari mendapat menstruasi pertamanya 2,7 bulan lebih awal dibandingkan dengan remaja perempuan yang tidak mengkonsumsi minuman manis.

Mendapat menstruasi terlalu dini merupakan hal yang sangat diperhatikan karena itu merupakan salah satu indikasi terjadinya risiko terkena kanker payudara di masa depan. Penurunan satu tahun pada awal siklus menstruasi pertama seorang remaja diperkirakan meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 5%.

Baca juga: Mantan Idol K-Pop Ungkap Kesulitan Para Girl Group Hadapi Menstruasi

Rata-rata remaja yang banyak mengkonsumsi minuman manis akan mendapat menstruasi pertama mereka di usia 12,8 tahun, sedangkan yang hanya meminum dalam jumlah sedikit mendapat menstruasi pertama mereka di usia 13 tahun. Perbedaan tersebut mungkin terlihat kecil, namun para peneliti mengatakan bahwa beberapa bulan perbedaan adalah jumlah waktu yang nyata untuk dikaitkan dengan minuman manis.

Karena minuman manis memiliki indeks glikemik yang tinggi, para peneliti mengatakan mungkin peningkataan yang dihasilkan insulin dapat meningkatkan hormon seks. Perubahan hormon seks inilah yang menyebabkan remaja mendapat menstruasi lebih awal.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)