home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Haneul ‘Sky’ Park Seoul, Tempat Pembuangan yang Disulap Menjadi Taman Ilalang Nan Indah

Rabu, 18 Maret 2015 13:30 by Dewinn | 6117 hits
Haneul ‘Sky’ Park Seoul, Tempat Pembuangan yang Disulap Menjadi Taman Ilalang Nan Indah
image source : gracingkor

DREAMERSRADIO.COM - Haneul atau Sky Park di Seoul, Korea Selatan memiliki latar belakang yang cukup unik. Taman ini dulunya adalah bekas tempat pembuangan akhir Nanjido.  Nanjido TPA dulu  merupakan TPA terbesar di Korea Selatan dan masih beroperasi hingga tahun 1993.

Butuh waktu 6 tahun untuk mengangkat semua sampah dan menyeimbangkan keadaan tanah di lahan tersebut. Pemulihan lahan kemudian dibarengi dengan pembangunan World Cup Stadium Park dalam rangkat menyambut FIFA World Cup ke 17 tahun 2002 dimana Korea Selatan Menjadi Tuan rumahnya.


image source : gracingkorea.wordpress.com

Haneul Park merupakan satu diantara 6 taman yang ada di kawasan Seoul World Cup Stadium tersebut. Kawasan tersebut merupakan kawasan berbukit. Haneul yang dalam bahasa korea berarti langit merupakan taman yang letaknya paling tinggi diantara taman lain.

Untuk mencapai Haneul Park memang butuh sedikit perjuangan. Mengingat taman ini berada diatas bukit, kamu harus berjalan melewati jembatan dan tangga zig-zag yang menghubungkan antara daerah stadium dan taman.


image source : boomsbeat.com

Baca juga: Intip Keindahan Taman Haneul yang Dikunjungi Taeyong NCT, Auto Masuk Wish List

Ketika sampai tepat di tangga ke 291, kamu bisa langsung melihat hamparan rerumputan dan pemandangan yang indah dari atas bukit. Kamu bisa melihat pemandangan gunung Namsan, Gwanaksan, dan Samgaksan serta aliran sungai Hangang. Luas Haneul Park ini sendiri sekitar 192.000m2. Waw.


image source : seoulpencilhostel.com

Selain memiliki pemandangan yang indah, taman ini ternyata juga ramah lingkungan. terdapat 5 kincir angin yang memproduksi listrik untuk menghidupkan lampu taman. Gas metana yang di hasilkan oleh tanah bekas TPA ini juga didaur ulang sebagai bahan bakar untuk stadium.

Disana juga terdapat bangku-bangku taman untuk pejalan kaki yang ingin bersantai atau sekedar menikmati pemandangan. Dan ada jalan khusus terbuat dari batu untuk kamu yang ingin berjalan telanjangkaki. Jalan diatas ini bisa bantu peredaran darahmu, lho.

Wah, ternyata tempat pembuangan bisa berubah jadi taman ramah lingkungan juga ya. Haneul Park ini benar-benar patut dikunjungi nih, dreamers. Kamu bisa refreshing, menenangkan pikiran, menikmati pemandangan sekaligus berlibur dengan berada di taman ramah lingkungan ini. 

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)