home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Alasan Kenapa Kursor Mouse Komputer Terlihat Miring

Rabu, 08 April 2015 17:32 by reinasoebisono | 2080 hits
Inilah Alasan Kenapa Kursor Mouse Komputer Terlihat Miring
Image source: Kompas.com

DREAMERSRADIO.COM - Hampir setiap hari kita melihat komputer dan menggerakkan kursornya. Tapi pernahkah kita bertanya mengapa kursor mouse terlihat miring 45 derajat ke kiri? Dan tahukah kamu Dreamers, kalau sebelumnya kursor ini pernah dibuat tegak?

Flashback ke asal mula mouse dibuat, pada era itu resolusi komputer masih sangat rendah. Jadi kualitas gambarnya belum setajam dan keren seperti sekarang. Mouse dan kursor yang awalnya dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968 ternyata memang pernah dibuat tegak lurus di layar.

Namun karena kualitas gambar di layar pada saat itu masih belum tajam, membuat si kursor ini susah dicari jika berdiri tegak. Karena piksel resolusi rendah tersebutlah yang membuat tampilan kursor sulit dibedakan dengan objek lain di layar.


Image Source: Kompas.com

Terlebih pada saat itu tampilan layar masih monokrom. Jadi pada saat memasuki masa komputer Xerox PARC, kursor komputer di buat miring agar lebih mudah ditemukan, seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Setelahnya, kursor miring temuan Englebart itu mulai diadaptasi oleh software maker hingga sekarang. Hal ini juga termasuk yang dilakukan oleh Steve Jobs untuk software Macintosh-nya, dan Bill Gates untuk software Windows-nya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)