home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Betapa Bahayanya Menyusup ke Dalam Ruang Roda Pesawat Tanpa Pengaman

Kamis, 09 April 2015 10:09 by fzhchyn | 3473 hits
Inilah Betapa Bahayanya Menyusup ke Dalam Ruang Roda Pesawat Tanpa Pengaman
Image source: aviationpho

DREAMERSRADIO.COM - Kasus menyusupnya Mario Stevan Ambarita ke dalam ruang roda pesawat Garuda Indonesia yang terbang dari Pekanbaru-Jakarta cukup menghebohkan. Pasalnya, terbang dengan ketinggian berpuluh ribu kaki tanpa alat pengaman apapun bisa sangat membahayakan tubuh manusia, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Rata-rata penerbangan komersial terbang dengan ketinggian 25 ribu sampai 38 ribu kaki di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, tidak ada manusia yang bisa bertahan hidup tanpa adanya alat pengaman seperti yang disediakan di dalam kabin pesawat.

Lektol Kes dr Wawan Mulyawan, SpBS, seorang pakar kesehatan penerbangan pun mengungkapkan bahayanya menyusup ke dalam ruang roda pesawat tanpa alat pengaman apapun.

1. Suhu rendah
Di dalam ruang roda pesawat memiliki suhu yang sangat rendah. Suhu di luar pesawat saat mengudara bisa mencapai -40 hingga -60 derajat Celsius. Padahal dengan suhu 0 derajat saja sudah bisa membuat beku.

2. Penurunan tekanan
Tekanan di atas udara jauh lebih rendah dibandingkan di permukaan bumi. Kondisi ini bisa menyebabkan decompression sickness, bahkan menyebabkan kematian. Decompression sickness atau penyakit dekompresi merupakan suatu keadaan medis yang terjadi ketika akumulasi nitrogen yang terlarut membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta sistem saraf. Kondisi ini umumnya terjadi pada penyelam.

Baca juga: Nekat, Pria Ini Rela Menyelinap Di Roda Pesawat Rute Pekanbaru-Jakarta!

Penyakit dekompresi bisa menimbulkan gejala yang mirip sekali dengan stroke, seperti mati rasa, kelumpuhan, bahkan kehilangan kesadaran yang bisa menyebabkan meninggal dunia.

3. Kurang oksigen
Di ketinggian seperti itu, jumlah oksigen akan semakin menipis sehingga menyebabkan kekurangan oksigen atau hipoksia bahkan bia menyebabkan kematian.

Namun selamatnya Mario dalam kasus ini adalah sebuah keberuntungan karena Mario masih tertolong berkat adanya suhu panas yang dipancarkan oleh roda pesawat. Dirinya juga masih bisa diselamatkan karena langsung dilarikan ke rumah sakit dan dirawat di ruang hiperbarik, yaitu ruang bertekanan untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam darah.

(fzh/CNNIndonesia)

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)