home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berwisata Sambil Belajar Sejarah di Museum Konferensi Asia-Afrika

Senin, 20 April 2015 16:46 by Dewinn | 3297 hits
Berwisata Sambil Belajar Sejarah di Museum Konferensi Asia-Afrika
image source : ceritarara

DREAMERSRADIO.COM - Konferensi Asia-Afrika merupakan wujud bangkitnya negara-negara di Asia dan Afrika untuk melawan kolonialisme bangsa barat. Untuk mengenang peristiwa yang terjadi pada tanggal 18-24 April 1955 tersebut, dibuatlah Museum Konferensi Asia- Afrika yang berada di Bandung.

Museum Konferensi Asia Afrika yang berada di Jl. Asia Afrika ini bersebelahan dengan Gedung Merdeka yang menjadi lokasi diselenggarakannya KAA pertama kali, lho, dreamers. Lalu pada tahun 1980 diresmikan oleh Presiden Soekarni sebagai sebuah museum untuk memperingati 25 tahun Konferensi Asia Afrika dan sempat mengalami beberapa kali renovasi.

Dihalaman depan bangunan yang bergaya eropa ini, kamu akan melihat tiang-tiang bendera negara yang berpartisipasi dalam Konferensi tersebut. Saat masuk, pengunjung disuguhkan rangkaian diorama atau rekaan patung yang menggambarkan suasana pada saa Konferensi.


Image source : disparbud.jabarprof.go.id

Baca juga: Lepas Ketegangan, Para Menteri Ber-Selfie Di Sela KAA

Museum tersebut memamerkan dokumen tertulis, foto dokumentasi serta benda-benda lain yang berkaitan dengan KAA seperti Tugu Pertemua dan profil negara-negara yang ikut serta dalam Konferensi Asia Afrika.

Dibagian belakan museum, terdapat sebuah perpustakaan yang berisi buku-buku sejarah, politik, sosial dan budaya negara-negara Asia-Afrika, dokumen-dokumen mengenai KAA serta majalah, surat kabar dan “Braille Corner” untuk pengunjung tunanetra. Selain itu museum ini pun juga punya ruang audio-visual, lho. Di ruangan tersebut kamu bisa menonton film dokumenter tentang kondisi dunia pada saat terbentuknya Konferensi Asia Afrika.


Image source : indonesiakaya.com

Tidak hanya pameran saja, museum ini juga sering mengadakan kegiatan edukasi untuk pemuda Indonesia. Jadi, museum ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Terlebih saat ini sedang diselenggarakan Peringatan Konferensi Asia-Afrika di Jakarta. Peningkatan kunjungan museum lebih terasa karena wisatawan lokal khususnya warga Bandung turut memeriahkan peringatan tersebut.

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)