home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kurangi Makanan Ini Jika Tak Ingin Percernaan Terganggu

Rabu, 22 April 2015 11:37 by fzhchyn | 1757 hits
Kurangi Makanan Ini Jika Tak Ingin Percernaan Terganggu
Image source: pixgood.com

DREAMERSRADIO.COM - Saat tubuh mengalami masalah pencernaan, hal pertama yang harus diingat adalah makanan apa yang telah dikonsumsi. Seringnya, penyesuaian sederhana namun tepat dalam makanan bisa membantu mengatur pencernaan lebih lancar.

Lihat kembali apakah daftar makanan di bawah ini merupakan penyebab buruknya pencernaanmu Dreamers.

1. Makanan beku

Makanan apapun yang mengandung banyak lemak dan garam serta rendah serat seperti dalam makanan beku dan makanan olahan, dapat membuat pencernaan bermasalah. Mengkonsumsi makanan beku yang dihangatkan bisa memicu masalah pencernaan, dan jika membandingkan nutrisinya dengan makanan segar juga sangat jauh.

2. Olahan susu

Dari semua jenis makanan, produk olahan susu mungkin yang paling terlihat kandungan lemaknya yang banyak, namun mereka juga memiliki aspek kesehatan juga seperti bakteri baik dalam yogurt dan kandungan kalsiumnya. Sayangnya, lemak yang ditemukan dalam produk olahan susu dapat berdampak negatif terhadap pencernaan.

3. Coklat

Selain menjadi makanan yang paling banyak disukai orang, coklat juga kerap menjadi penyebab masalah pencernaan seseorang. Bersama dengan teh hitam dan pisang, coklat diyakini menghabat pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan di usus.

4. Camilan asin

Seperti makanan olahan, camilan asin juga dapat mengurangi kemampuan tubuh untu tetap mendapat cairan atau terhidrasi, apalagi jika tubuh tidak mendapat cukup air sepanjang hari. Saat dalam tubuh tidak seimbang antara jumlah cairan, keripik, kacang, dan camilan asin lainnya yang dikonsumsi, maka akan mempengaruhi sistem pencernaan.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

5. Makanan manis

Apakah itu cookies, kue, pie, atau permen, tubuh memiliki batasannya tersendiri untuk mencerna makanan manis. Alasannya adalah, makanan manis biasanya tinggi akan karbohidrat, rendah serat, dan tinggi lemak. Mengkombinasikan semuanya dalam jumlah banyak tentu akan membuat masalah pencernaan.

6. Pisang mentah atau setengah matang

Pisang kaya akan nutrisi yang menjadikannya salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi. Namun sayangnya jika kita mengkonsumsi pisang yang belum matang justru akan memicu masalah pencernaan. Jadi pastikan untuk memakan pisang yang sudah berwarna kuning kulitnya dan matang.

7. Daging merah berlemak

Makan terlalu banyak tentu tidak baik bagi kesehatan, namun memakan daging merah yang memiliki banyak lemak secara berlebihan akan menyebabkan masalah pencernaan yang serius karena daging memerlukan waktu yang lama untuk dicerna usus.

8. Roti putih dan pasta

Mengkonsumsi roti putih dan pasta tidak secara langsung menimbulkan masalah pencernaan, namun kurangnya kandungan serat dalam makanan tersebut tentu akan berdampak pada kesehatan pencernaan.

Jadi, untuk menjaga kesehatan pencernaan, asupan makanan yang seimbang seperti air, makanan segar dan batasi gula dan garam sangat penting.

(fzh/lifehack)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)