home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indera Penciuman Ternyata Juga Bisa Rasakan Emosi Orang Lain dan Prediksi Umur

Rabu, 06 Mei 2015 16:47 by fzhchyn | 1931 hits
Indera Penciuman Ternyata Juga Bisa Rasakan Emosi Orang Lain dan Prediksi Umur
Image source: asfb.com.au

DREAMERSRADIO.COM - Setiap indera yang ada pada manusia memiliki fungsinya masing-masing. Hidung sebagai indera penciuman tentu bertugas untuk dapat mencium aroma dan bau. Namun rupanya indera penciuman kita memiliki fungsi lain yang mungkin tak pernah kita ketahui!

Melansir Prevention, berikut adalah beberapa kemampuan yang dapat dilakukan indera penciuman atau hidung yang tak pernah diduga sebelumnya.

1. Dapat merasakan emosi orang lain
Tak hanya bisa “menankap” emosi, tapi hidung juga bisa merasakannya seperti yang ditunjukkan dalam studi Psychological Science. Mulai dari rasa jijik dan takut sampai gairah seksual, hidung dapat merasakan emosi orang-orang di sekitar, bahkan jika kamu tidak menyadari emosi tersebut.

2. Dapat memprediksi umur
Dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki nilai yang bagus dalam tes bau, mereka yang tidak bisa mencium aroma yang umum seperti jeruk atau pappermint ternyata memiliki kemungkinan 20% untuk meininggal dalam waktu lima tahun.

Tim dari University of Chicago mengatakan bahwa kehilangan kemampuan dalam mencium bau adalah peringatan awal terjadinya gangguan kesehatan.

Baca juga: Walau Romantis, Hyeri Girl's Day Ungkap Alasan Kocak Sulit Cium Park Bo Gum di 'Reply 1998'!

3. Membantu mengingat pengalaman
Penelitian dari jurnal Nature menunjukkan bahwa bagian-bagian otak tentang memori jangka panjang berkaitan dengan daerah otak yang berhubungan dengan indera penciuman. Itulah mengapa mencium aroma tertentu bisa memicu ingatan di masa lalu.

4. Menguatkan kenangan baru
Sama seperti beberapa aroma dapat membangkitkan pengalaman lama yang terlupakan, aroma lainnya justru dapat membantu seseorang membentuk kenangan baru.

Para peneliti dari Northumbria University menemukan bahwa orang yang mencium aroma rosemary lebih mampu mengingat sebuah informasi meski dalam situasi yang kacau. Senyawa dalam rosemary yang disebut eucalyptol muncul untuk menjalankan pusat-pusat memori penyimpanan di otak.

5. Tak bisa merasakan (mengecap) tanpa indera penciuman
Sebesar 75% dari apa yang dirasakan lidah sebenarnya berasal dari apa yang dicium. Mungkin semua orang sudah mengetahui hal ini karena saat pilek dan hidung tersumbat, kita cenderung tidak bisa merasakan makanan dan minuman.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)