home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi dan UNHCR Didesak Selamatkan Pengungsi Etnis Rohingya

Selasa, 19 Mei 2015 17:00 by syaifan | 1303 hits
Presiden Jokowi dan UNHCR Didesak Selamatkan Pengungsi Etnis Rohingya
iIage source: reuters.com

DREAMERSRADIO.COM - Presiden Joko Widodo didesak untuk segera memberikan bantuan bagi para pengungsi etnis Rohingya yang dalam beberapa hari terakhir ini diketahui baru saja mendarat di Kuala Langsa, Aceh setelah mereka ditolak berlabuh di Thailand. Demikian seperti dilaporkan oleh Merdeka.Com pada Senin (18/5) kemarin.

Desakan tersebut datang dari juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul yang mengatakan bahwa sudah seharusnya Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia membantu pengungsi Rohingya yang juga mayoritas adalah muslim.

"Saya sampaikan sikap ini atas perintah dari Ketua Umum kami Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta Presiden Jokowi berikan bantuan bagi ribuan muslim yang terombang-ambing di tengah laut. Tolong TNI AL berikan bantuan," katanya dikutip Merdeka.Com.

Tak hanya itu, pakar hukum internasional dari Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana juga menegaskan kepada Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR agar segera melakukan tindakan nyata dalam permasalahan pengungsi Rohingya ini.

Baca juga: Bocoran untuk Penyumbang, Kebutuhan Inilah yang Paling Diperlukan Oleh Pengungsi Korban Tsunami Banten

"Pertemuan menteri luar negeri dari Indonesia, Malaysia dan Thailand harus bisa merumuskan desakan kepada UNHCR untuk ikut bertanggung jawab terhadap pengungsi Rohingya," kata Hikmahanto Juwana dihubungi oleh Antara di Jakarta, Senin (18/5).

Sebelumnya dilaporkan oleh BBC pada pekan lalu sebuah kapal yang berisikan ratusan pengungsi Rohingya dari Myanmar itu sempat dilarang masuk ke Thailand dan mereka didorong kembali ke tengah laut setelah diberikan bantuan makanan dan minuman hingga akhirnya memilih mendarat di Aceh, Indonesia.

Banyaknya jumlah pengungsi asal Rohingya dari Myanmar bagian barat ini dikarenakan maraknya pembantaian penduduk etnis Rohingya yang beragama Islam yang mulai dilakukan oleh mayoritas penduduk Rakhine yang beragama Buddha. Konflik horizontal yang terjadi antara Muslim Rohingya dan Buddha Rakhine pun semakin meluas dan masih terus berlanjut hingga saat ini. (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)