home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada, Ini Tanda-tanda Kamu Sudah Kecanduan Handphone!

Jumat, 22 Mei 2015 18:19 by Dewinn | 4625 hits
Waspada, Ini Tanda-tanda Kamu Sudah Kecanduan Handphone!
Image source: comeforwhat

DREAMERSRADIO.COM - Saat ini, hampir semua orang tidak pernah lepas dari handphone dan gadgetnya. Kecanduan handphone atau dalam istilah ilmiah nomophobia kini sudah banyak dialami orang-orang di dunia, terutama remaja.

Nomophobia  istilah yang berasal dari no-mobile phone-phobia paling banyak dialami oleh remaja perempuan yang duduk di bangku kuliah menurut studi dari Journal for Behavioral Addictions. Rata-rata mereka menghabiskan sekitar 600 menit perhari waktu mereka menggunakan Handphone.

Menurut lansiran sheknows, berikut ini adalah perilaku tanda-tanda kecanduan handphone berlebihan yang sebaiknya segera diubah.

1. Jika meninggalkan handphone dirumah, kamu merasa dalam krisis dan tidak berdaya

2. Handphone adalah benda terakhir yang kamu lihat sebelum tidur dan benda pertama yang kamu lihat saat bangun di pagi hari

3. Sering diingatkan oleh kerabat untuk berhenti melihat handphone saat sedang di meja makan

4. Dengan segera memeriksa saat merasa handphone-mu bergetar atau mendengar bunyi

Baca juga: Hati-hati, Keseringan Pegang Ponsel Hanya Dengan Satu Tangan Beri Dampak Berbahaya

5. Saat sedang menunggu di tempat umum, kamu sering menggunakan handphone agar terlihat sibuk.

6. Dengan sengaja selalu mengecek handphone saat lampu merah di jalan, meskipun handphone-mu tak berbunyi dan bukan kamu yang mengemudikan kendaraan.

7. Saat tak sengaja menjatuhkan handphone, kamu menyamakan seperti telah menjatuhkan sesuatu yang sangat berharga.

8. Sering kehilangan momen berharga dalam hidup karena terlalu asik melihat handphone. Misalnya, saat kumpul keluarga lebih sering bermain handphone, atau lebih sibuk mengambil gambar dengan handphone dari pada menikmati konser.

9.       Lebih memilih memeriksa cuaca lewat handphone daripada keluar ruangan dan melihatnya sendiri.

Kecanduan pada Handphone berakibat burut pada kesehatan. Terlepas dari bahaya sinyal yang dipancarkan handphone, masalah kesehatan yang biasanya terjadi adalah orang akan lebih rentan terkena depresi, sakit kepala, gangguan penglihatan,  insomnia, dan masalah tidur lainnya.

Setelah kamu mengetahui tanda-tanda nomophobia, supaya terhindar dari dampak negatifnya, alangkah baiknya kalau dari sekarang kamu mulai mengurangi pemakaian handphone ya, Dreamers.

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)