home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Biksu Ashin Wirathu Sebut Muslim Rohingya Musuh Negara Myanmar

Selasa, 26 Mei 2015 19:00 by syaifan | 3329 hits
Biksu Ashin Wirathu Sebut Muslim Rohingya Musuh Negara Myanmar
Image source: gq-magazine

DREAMERSRADIO.COM - Terdamparnya ratusan pengungsi etnis Rohingya asal Myanmar di Aceh sejak pekan lalu tak terlepas dari maraknya kasus pembantaian yang dilakukan oleh kelompok mayoritas gerakan Anti Islam yang terdapat di Myanmar. Menanggapi hal ini, pemimpin gerakan agama Buddha di Myanmar Biksu Ashin Wirathu pun angkat bicara.

Dalam wawancara terbarunya dengan Los Angeles Times yang dirilis pada Minggu (24/5) lalu Biksu Ashin Wirathu mengatakan secara terang-terangan bahwa kaum muslim Rohingya yang merupakan minoritas di Myanmar adalah musuh terbesar mereka.

“Banyak orang Islam menghancurkan negara kami, masyarakat kami dan agama Buddha,” kata Biksu berusia 46 tahun tersebut.

Menurutnya lagi, apa yang dilakukannya bersama gerakan yang dinamakan kelompok 969 itu adalah sebuah upaya untuk mempertahankan negara Myanmar karena mereka sudah menganggap masyarakat Muslim sebagai musuh utama. Bahkan, Biksu Ashin Wirathu juga menyebut warga Muslim Rohingya sebagai ular dan anjing gila.


Biksu Ashin Wirathu di halaman depan majalah TIME tahun 2013. (time.com)

Baca juga: Kuil Kucing Yang Menggemaskan Namun Menyimpan Misteri Menyeramkan

Di artikel yang sama, Los Angeles Times juga menuliskan bahwa Biksu Ashin Wirathu adalah sosok yang dirasa paling bertanggungjawab tentang apa yang kini terjadi dan dialami oleh ribuan pengungsu etnis Rohingya lainnya yang berusaha melarikan diri ke Thailand dan Malaysia.

Apa yang dilakukan oleh Biksu Ashin Wirathu dan Gerakan 969-nya kini telah menuai protes dari banyak pihak di seluruh dunia. Gerakan tersebut dilaporkan sebuah lembaga kemanusiaan telah melakukan kejahatan genosida dan diskriminasi agama sejak tahun 2012 dan tercatat setidaknya sudah lebih dari 100 ribu orang Muslim dari etnis Rohingya yang bermukim di bagian barat Rakhine, Myanmar menjadi korban.

Majalah TIME pada tahun 2013 bahkan secara kontroversial memuat wajah Biksu Ashin Wirathu di halaman depan mereka dengan judul tema yang membahas teroris Buddha yakni ‘The Face Of Buddhist Terror’.

(Syf)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)