home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makanan Apa yang Perlu Dikonsumsi Agar Puasa Tetap Lancar?

Kamis, 18 Juni 2015 10:30 by fzhchyn | 1967 hits
Makanan Apa yang Perlu Dikonsumsi Agar Puasa Tetap Lancar?
Image source: healthmeup.

DREAMERSRADIO.COM - Saat menjalankan puasa, tubuh memang perlu asupan nutrisi yang dapat tersimpan untuk jangka waktu yang lama. Karena selama 14 jam tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi dari makanan atau minuman.

Khususnya cairan (air dan jus) dan kurma sudah menjadi asupan wajib saat sahur dan berbuka. Berikut adalah makanan yang perlu diperhatikan untuk dikonsumsi agar puasa tetap lancar dilansir laman Health Me Up.

1. Daging dan kacang-kacangan

Konsumsi daging ayam, kambing, ikan, atau sapi 1-2 porsi. Selain itu, tambahkan pula menu kacang-kacangan seperti polong,  chickpea, dan lainnya. Satu penyajiannya bisa menjadi protein yang baik untuk mineral, vitamin dan serat.

2. Roti atau sereal

Roti berbahan gandum utuh, atau nasi merah yang dikonsumsi saat sahur atau berbuka bisa menjadi sumber yang baik bagi karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna sehingga kenyang lebih lama.

3. Susu

Baca juga: Resep Pat Jook, Bubur Kacang Merah Ala Korea untuk Berbuka

Mengkonsumsi susu, buttermilk, atau keju rendah lemak bis amenjadi sumber kalsium dan protein yang baik. Hal ini sangat menting untuk menjaga sel-sel dan tulang.

4. Sayuran

Untuk menu sayuran, bisa mencampurkan berbagai sayur untuk dijadikan salad, atau diolah dan dimasak menjadi hidangan matang. Selain kaya akan vitamin, sayuran juga kaya serat yang membuat kenyang lebih lama.

5. Buah

Satu sampai dua porsi buah dan kacang sebagai camilan saat malam hari dapat dikonsumsi sebelum makan besar. Selain kaya vitamin dan serat, buah juga mengandung mineral dan gula alami yang bagus untuk tubuh saat berpuasa.

6. Cara memasak

Menggunakan bahan makanan yang sehat belum tentu sehat untuk tubuh jika pengolahannya tidak tepat. Jadi usahak untuk mengkonsumsi makanan yang di rebus, bakar, atau panggang untuk makanan sahur dan buka. Hindari penggunaan minyak goreng yang berlebih.

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)