home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal MERS, Virus yang Membuat Sulit Bernapas Hingga Kematian

Kamis, 18 Juni 2015 15:33 by fzhchyn | 2740 hits
Mengenal MERS, Virus yang Membuat Sulit Bernapas Hingga Kematian
Image source: usatoday.co

DREAMERSRADIO.COM - Selama ini kasus penyakit Middle East Respiratory Syndrome (MERS) lebih banyak terjadi di negara-negara Timur Tengah. Salah satu penyakit yang menyerang sisitem pernafasan ini pertama kali dilaporkan di Arab Saudi pada 2012 lalu.

Virusnya kini tengah menjadi perhatian karena menyebar di Korea Selatan dengan ratusan korban yang sudah terinfeksi dan beberapa diantaranya dinyatakan meninggal. Meski penyebabanya belum diketahui secara pasti, namun diyakini virus ini ditularkan dari hewan seperti unta dan kelelawar.

Tanda dan gejala paling umum seseorang terkena virus ini diantaranya demam tinggi, batuk, susah bernapas, kedinginan, sakit di bagian dada, tenggorokan sakit, sakit kepala, diare, pilek, dan muntah-muntah.

Orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes, penyakit paru-paru, penyakit jantung, manula, dan pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah biasanya lebih mudah terserang virus MERS ini.

Selain mengalami masalah pernapasan yang parah, risiko terburuk yang dialami jika terinfeksi virus ini adalah kematian.

Kesempatan untuk tertular virus ini sangat besar jika kita mengunjungi negara yang sedang atau telah terkena virus MERS. Jadi untuk mencegahnya, selalu cuci tangan dengan air dan sabun sampai bersih.

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Juga hindari mengkonsumsi makanan olahan daging yang kurang matang atau dimasak di tempat yang tidak higienis. Pastikan juga buah dan sayur dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi.

Jika seorang wisatawan mengalami penyakit pernapasan akut disertai dengan demam, dianjurkan untuk meminimalisir kontak langsung dengan orang lain, serta memakai masker medis, dan buang tisu bekas bersin dengan benar.

Dan jika selama 14 hari setelah kembali dari perjalanan penyakit pernapasan dan demam semakin parah, segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(fzh/medicalnewstoday)

Baca juga:
Ini Saran Kemenkes Agar Tidak Tertular Virus MERS di Korea Selatan
Korea Selatan Dilanda Virus MERS, Ini 6 Benda Paling Dibutuhkan dan Cepat Terjual Habis

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)