home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alami Rasa Kantuk yang Berlebih Saat Puasa? Ini Cara Atasinya!

Rabu, 24 Juni 2015 14:17 by ningcil | 2373 hits
Alami Rasa Kantuk yang Berlebih Saat Puasa? Ini Cara Atasinya!
Image source: 8asians.com

DREAMERSRADIO.COM - Menjalankan ibadah puasa memiliki banyak kendala dan godaan. Salah satu kendala saat berpuasa adalah rasa ngantuk yang berlebihan. Rasa ngantuk ini sering menyerang terutama di siang hari.

Hal ini menyebabkan saat berpuasa selalu ingin mempunyai waktu tidur berlebih. Tidur saat berpuasa memang ibadah. Tapi, bagi kamu yang sedang menjalankan aktivitas di siang hari, rasa ngantuk berlebihan ini bisa mengganggu kegiatan yang sedang dikerjakan.

Rasa ngantuk yang sering terjadi saat sedang berpuasa diakibatkan karena kurangnya pasokan glukosa dan oksigen ke otak. Otak memerlukan sekitar 60% asupan glukosa agar tetap segar. Menurunnya asupan glukosa sangat berpengaruh karena pada saat kadar gula darah menurun produksi glikogen yang meberi cadangan energi bagi tubuh agar bisa tetap beraktivitas dengan lancar juga menurun.

Penyebab lain yang membuat ngantuk berlebihan saat berpuasa adalah kurangnya asupan zat besi untuk tubuh. Zat besi berguna dalam membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak ke otak. Lancarnya aliran oksigen ke otak juga membuat peredaran darah ke otak menjadi lancar dan membuat mata tidak merasa berat akibat ngantuk selama berpuasa.

Untuk menghindari dan mengatasi rasa ngantuk berlebih ini, penting untuk tidak melewatkan makan sahur. Karena dengan adanya cadangan enegi tubuh menjadi tidak lemas dan mudah ngantuk. Orang yang melewatkan waktu sahur akan mudah merasa lemas dan ngantuk karena tidak bernergi. Perhatikan menu sahur, usahakan menu santap sahur mengandung karbohidrat kompleks. Konsumsi karhidrat kompleks saat berpuasa membantu tubuh mendapat asupan glukosa lebih banyak

Baca juga: Tersandung Kasus Hukum, Ini Deretan Selebriti yang Berpuasa Dipenjara

Penting juga untuk mengkonsumsi makanan ataupun sayuran yang banyak mengandung zat besi saat sahur. Zat besi dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau, ikan maupun kacang-kaangan. Sahur dengan banyak sayuran juga menjaga tubuh segar di siang hari dan menjaga perut merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, berolahraga juga membantu menghindari ngantuk berlebih saat berpuasa. Jangan langsung tidur setelah sahur ataupun salat subuh. Biasakan berolahraga kecil sekitar 10 hingga 15 menit. Langsung tidur setelah sahur justru membuat cepat mengantuk di siang hari. Olahraga saat berpuasa juga memiliki banyak manfaat, selain membuat tubuh tetap segar saat berpuasa, aktivitas tersebut juga mencegah tubuh bertambah gemuk saat puasa.

Nah, Dreamers tips diatas bisa membantu agar selalu sehat dan lancar menjalankan ibadah selama sebulan penuh. 

(mya)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)