home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Sahur

Minggu, 28 Juni 2015 05:00 by fzhchyn | 1512 hits
Ini Dampak Buruk Makan Berlebihan Saat Sahur
Image source: bulimia.com

DREAMERSRADIO.COM - Saat berpuasa, umat Muslim memang diwajibkan untuk tidak makan dan minum dari terbitnya fajar hingga tenggelam matahari. Agar tidak lemas, waktu makan pun diganti pada saat sahur dan buka puasa. Namun, karena tidak makan seharian bukan berarti kita harus makan berlebihan saat sahur.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dokter dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, makan berlebihan saat sahur memiliki dampak buruk seperti berikut.

1. Mengantuk

Makan berlebihan akan membuat kadar gula darah naik secara mendadak. Kondisi tersebut bisa merangsang produksi insulin berlebihan, dan akan merangsang hormon lain sehingga membuat menjadi mengantuk.

Baca juga: Intip Tips Jalani Puasa Ketika Lupa Sahur Agar Tidak Loyo

2. Berat badan bertambah

Seberapa pun banyaknya makanan yang dikonsumsi akan tetap habis di lambung selama 6 sampai 8 jam. Jadi tidak banyak pengaruh untuk membuat perut tetap kenyang. Jadi bukannya bisa tahan lapar sampai waktu berbuka, yang didapat hanyalah kalori berlebih yang membuat berat badan bertambah.

“Mungkin mereka ini termasuk termakan mitos kalau jumlah makan sahur dan buka akan lebih banyak dari biasanya karena makan sahur dan berbuka merupakan makan pagi dan malam yang ditambah dari makan siang,” ujar dr Ari.

(fzh/cnnindonesia)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)