home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Merasakan Kebersamaan Idul Fitri di Seoul, Korea Selatan

Rabu, 15 Juli 2015 13:50 by reinasoebisono | 6849 hits
Merasakan Kebersamaan Idul Fitri di Seoul, Korea Selatan
Image source: I Love Seou

DREAMERSRADIO.COM - Komunitas muslim di Korea Selatan semakin berkembang, terutama di ibu kota Seoul. Mendekati perayaan Idul Fitri, umat muslim Seoul mulai disibukkan oleh persiapan perayaan hari raya kemenangan setelah sebulan berpuasa.

Pada tanggal 1 Syawal nanti, umat muslim akan terpusat di masjid kebanggaaan Seoul, masjid Itaewon. Masjid ini akan penuh sesak oleh muslim yang melaksanakan solat Ied, hingga bagian dalamnya penuh dan harus membludak hingga keluar masjid.


Image source: Koreajoongangdaily.com

Tidak banyak perbedaan antara Lebaran di Seoul dan Indonesia, hanya saja, setiap tahunnya muslim Korea Selatan bertambah. Makin banyak orang ingin mengenal Islam, hal ini membuat perayaan Idul Fitri di Seoul semakin solid dan khusyuk.

Namun ada yang unik di kegiatan solat Idul Fitri masjid Itaewon, Seoul. Yaitu prosesinya yang terbilang singkat. Solat Ied di Itaewon hanya sekitar 10 menit dan tidak ada Kutbah, Imam hanya membaca doa, kemudian para jamaah akan saling bersalaman.


Para jamaah masjid Itaewon, Seoul berjalan setelah melaksanakan solat Ied (Tempo.co)

Baca juga: 7 Masjid Besar di Korea Selatan, Dari Seoul Hingga Perbatasan Korut

Setelah itu biasanya ada pembagian susu dan kue, namun hanya terbatas di area laki-laki saja sehingga jamaah perempuan tidak kebagian. Walau tidak diramaikan oleh ketupat, opor dan rendang, banyak orang asing yang merayakan Idul Fitri di sana dan mengucap maaf sambil bersilaturahim.

Ditambah dengan lingkungan sekitar yang ramah terhadap budaya dan agama lain, rasa asing berlebaran di negeri orang pun sirna. Semoga suatu saat kita berkesempatan solat Ied di Itaewon ya, Dreamers!

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)