home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Jakarta, Rukyat Hilal Penentuan Lebaran 2015 akan Menggunakan Bambu

Rabu, 15 Juli 2015 15:29 by syaifan | 1760 hits
Di Jakarta, Rukyat Hilal Penentuan Lebaran 2015 akan Menggunakan Bambu
image source : tribunnews

DREAMERSRADIO.COM - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama dijadwalkan akan melakukan rukyat bulan atau Hilal di sejumlah lokasi di seluruh Indonesia pada Kamis (16/7) besok. Di Jakarta, salah satu titik penentuan Hilal akan menggunakan alat tradisional yakni sebilah bambu.

"Dari tiga lokasi, salah satunya yaitu Masjid Al-Musyari'in Basmol di Jakarta Barat, rukyat menggunakan sebilah bambu," kata Kasubag Humas Kanwil Kemenag DKI Jakarta Sugito di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Sugito mengatakan dua lokasi lainnya menggunakan alat teropong sehingga alat rukyat di Al-Musyari'in termasuk salah satu rujukan melihat hilal.

Menurut dia, kawasan Basmol itu memiliki lokasi yang cenderung cerah dibandingkan dengan dua wilayah lain yang biasa digunakan Kanwil DKI untuk kegiatan rukyat, yaitu PP Al-Husiniyah Cakung, Jakarta Utara dan lantai 7 gedung Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.

"Di Basmol cenderung lebih cerah. Di Cakung sendiri sudah banyak polusi tidak seperti di Basmol," tutur dia.

Baca juga: Bagaimana Penjelasan Awal Puasa Berbeda Tapi Kemungkinan Lebaran Bisa Bersamaan?

Sugito mengatakan satu tim perukyat yang berisi enam orang akan ditempatkan di Al-Musyari'in. Hal itu juga berlaku di lokasi pemantauan hilal lainnya, yaitu di Kanwil DKI dan Cakung.

Satu tim perukyat terdiri dari berbagai macam latar belakang yaitu ahli astronomi/falak, perwakilan Kanwil DKI dan perwakilan ormas Islam. Masjid Al-Musyari'in sendiri berada di lokasi pesantren milik Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta SyarifudinAbdul Gani.

Sugito mengatakan Kepala Kanwil DKI rencananya tidak akan menghadiri sidang isbat penetapan Lebaran 2015 di Kantor Kementerian Agama Pusat, karena yang bersangkutan akan memantau kegiatan rukyat secara langsung.

Kendati demikian, Kanwil DKI akan tetap mendelegasikan perwakilannya dalam sodang isbat itu. Hasil rukyat oleh Kanwil Kemenag DKI ini menjadi salah satu rujukan Kemenag pusat dalam menentukan Lebaran 2015. [tar] 

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)