home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Berkunjung ke Pemeran Seni Rupa di Candi Borobudur

Senin, 20 Juli 2015 16:19 by Dits | 2198 hits
Yuk, Berkunjung ke Pemeran Seni Rupa di Candi Borobudur
Image source: travel.nati

DREAMERSRADIO.COM - Seniman Kelompok Denting Yogyakarta menyiapkan pameran karya seni rupa di Limanjawi Art House di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pengelola Limanjawi Art House Borobudur, yang juga pelukis Umar Chusaeni mengatakan mereka yang tergabung dalam kelompok itu, Mulyo Gunarso, Nunung Rianto, Karte Wardaya, Iskandar S.Y., dan Giring Prihatyasono.

Pameran seni rupa 27 karya itu akan berlangsung sebulan, 27 Juli hingga 27 Agustus 2015, dengan judul 'The Real Life'.

"Tentang kehidupan nyata yang telah menginspirasi mereka untuk menuangkannya dalam karya seni masing-masing," ujar dia.

Ia mengemukakan karya-karya yang dipamerkan juga menjadi perwujudan menyikapi berbagai persoalan sehari-hari, yang menjadi perbincangan masyarakat saat ini, antara lain menyangkut aspek sosial dan politik. "Termasuk menyangkut kehidupan pribadi para seniman itu sendiri dan lingkungan sekitarnya," jelas dia.

Baca juga: Rekomendasi 10 Lagu K-Pop untuk Temani Perjalanan Mudik

Ia mengatakan pameran dibuka pelaku seni dari Yogyakarta Banyu Wardana, sedangkan pengajar Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Mikke Susanto mengurasi karya-karya mereka. Pembukaan pameran akan dimeriahkan dengan pentas musik islami, Rebana Ria Borobudur, pentas musik tempo dulu oleh Kelompok Blondo, dan pidato kebudayaan.

Sejumlah karya yang mereka pamerkan, antara lain berjudul Mulai Tumbuh (Mulyo Gunarso), Berita Yang Hilang (Karte Wardaya), Waktu Batu (Iskandar), Menuju Punah (Nunung Rianto), Blind Map (Giring Prihatyasono).

Mikke mengemukakan mereka menggemakan kepentingan publik melalui berbagai karyanya, sedangkan perhatian para seniman terhadap realitas sebagai misi dan visi yang penting. "Mungkin sekarang mereka baru sadar bahwa kelompok yang penting dalam sejarah adalah kelompok yang berdaya guna bagi masyarakatnya.

Untuk itu, Kelompok Denting perlu secara terus-menerus mempercayai bahwa karya seni (apalagi bertema realitas sosial) takkan pernah usang, apalagi kehidupan kehidupan itu sendiri. Maka giatlah menggali realitas," kata dia. [tar] 

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)