home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gigi Berlubang dan Beberapa Penyakit Ini Tanpa Disadari Bisa Menular

Senin, 27 Juli 2015 18:44 by fzhchyn | 2608 hits
Gigi Berlubang dan Beberapa Penyakit Ini Tanpa Disadari Bisa Menular
Image source: xmag.me

DREAMERSRADIO.COM - Mencuci tangan sebelum makan dan menutup mulut saat bersin adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga penularan suatu penyakit umum. Namun ada beberapa kondisi di mana sabun anti-bakteri atau sel-sel dalam tubuh tidak dapat melindungi diri dari penyakit.

Melansir laman Prevention, setidaknya ada empat hal yang tidak pernah kita ketahui akan kita dapatkan dari orang lain.

1. Gigi berlubang

Kamu mungkin bisa saja menyikat gigi dengan rajin dan menghindari permen serta makanan manis agar gigi tidak berlubang. Tapi jika teman dekat atau pasanganmu tidak memiliki kebiasaan yang sama, kamu bisa saja mendapat gigi berlubang.

Para peneliti dari University of Helsinki, Finlandia menemukan bakteri mulut yang menyebabkan periodontis, gingivitis, dan gigi berlubang dapat ditularkan antara orang dewasa yang tinggal dengan kontak yang dekat. Penelitian tersebut  diterbitkan dalam jurnal Oral Microbiology and Immunology.

2. Kanker

Seseorang memang tidak bisa terkena kanker karena tertular oleh pengidap kanker. Tetapi kita dapat terkena human papilloma virus (HPV) yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker serviks, penis, anus, mulut, dan tenggorokan.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Menurut penelitian dari Duke University, lebih dari 6 juta orang di Amerika Serikat terinfeksi HPV setiap tahunnya. Jika infeksi itu tidak dibersihkan yang dapat memakan waktu satu sampai dua tahun, maka risiko terkena kanker akan semakin besar.

3. Penyakit kekebalan tubuh

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, kerabat dekat atau pasangan dari sseorang yang mengidap penyakit celiac, memiliki risiko terkena penyakit kekebalan tubuh nonceliac, seperti Crohn, psoriasis, rheumatoid arthritis, lupus, atau kolitis ulserativa.

4. Obesitas

Peneliti di Turki baru-baru ini menemukan virus dalam jaringan adiposa (lemak tubuh) dari orang dewasa yang menderita obesitas yang disebut human adenovirus-36 (Ad-36). Orang yang terkena virus ini akan memiliki risiko 300 kali menjadi gemuk dibandingkan dengan orang yang tidak terkena virus.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)