home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Narkoba di Kampus, 6 Ribu Mahasiswa Semarang Jalani Tes Urin

Selasa, 25 Agustus 2015 15:22 by fzhchyn | 2027 hits
Cegah Narkoba di Kampus, 6 Ribu Mahasiswa Semarang Jalani Tes Urin
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Ribuan mahasiswa beserta civitas Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar tes urine di Kampus Unnes Kawasan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Senin (24/8) kemarin.

Sedikitnya sebanyak 6 ribu mahasiswa secara bersama-sama melakukan tes urine yang dilakukan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN) Jawa Tengah. Hal itu sebagai upaya mencegah penggunaan dan masuknya narkoba di kampus pencetak guru dan tenaga pendidikan tersebut.

Rektor Unnes, Fatkhur Rokman menyatakan bahwa tes urine ini dilakukan sebagai langkah kongkret untuk memberantas peredaran dan penggunaan narkoba di lingkungan kampus. "Keberanian langkah ini bisa menjadi contoh apalagi pemerintah mencanangkan bahwa Indonesia saat ini dalam kondisi darurat narkoba," katanya.

Selain itu, menurut Fatkhur juga langkah ini sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Dimana lingkungan kampus harus terhindar dan bebas dari narkoba. "Apalagi sesuai dengan instruksi menteri bahwa semua kampus harus melakukan upaya bebas narkoba. Saat ini, Unnes mengawali untuk mahasiswa dilakukan tes," terangnya.

Sebagai tindakan lanjut, jika ada mahasiswa yang positif menggunakan narkoba maka mahasisiwa tersebut akan dikeluarkan dari kampus. "Jika ada mahasiswa positif menggunakan narkoba, sudah ada regulasi yang mengaturnya yakni harus dikeluarkan sehingga mahasiswa lainnya lebih berhati-hati," ungkapnya.

Baca juga: Penutupan Kasus Penggunaan Narkoba G-Dragon Akan Diputuskan Akhir Bulan Ini

Menurutnya, komitmen yang besar dari dosen dan karyawan kampus supaya gerakan moral bebas narkoba terwujud. Hukuman dikeluarkan dari kampus tentu tak hanya berlaku bagi mahasiswa. Begitu pula pimpinan yang menggunakan narkoba harus dicopot dari jabatannya dan diproses hukum.

Sementaraitu, Fitria Ulfa (18), mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unnes mengaku sangat senang dan mengapresiasi upaya BNNP Jateng melakukan tes urine.

"Apalagi kampus sebagai basis tempat para anak muda belajar sehingga memang harus dipastikan bahwa sebagai mahasiswa harus menjadi contoh dan berada di garis depan upaya pemberantasan peredaran dan penggunaan narkoba di kalangan pemuda dan remaja," pungkasnya.

[efd]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)