home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Déjà Vu Hingga Amnesia, Simak Hal Aneh Lainnya yang Mungkin Terjadi di Otak

Selasa, 08 September 2015 11:03 by fzhchyn | 19931 hits
Déjà Vu Hingga Amnesia, Simak Hal Aneh Lainnya yang Mungkin Terjadi di Otak
Image source: freelancewr

DREAMERSRADIO.COM - Hal-hal aneh yang terjadi seperti tak bisa menyebutkan sebuah judul lagu meski sudah di ujung lidah dan lagu tersebut terngiang di kepala, berjalan ke tempat baru tapi merasa pernah ke tempat itu sebelumnya, hampir semua orang pasti pernah mengalaminya.

Sebenarnya hal-hal tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan, meski beberapa diantaranya mungkin bisa menjadi pertanda kalau kita membutuhkan bantuan. Berikut adalah beberapa keanehan yang terjadi di otak menurut para ahli mengutip laman Prevention.

1. Earworm

Sebagian orang pasti pernah mengalami earworm, yaitu terus mendengar atau terngiang lagu yang itu-itu saja sepanjang hari. Menurut Allen Towfigh, direktur medis di New York Neurology and Sleep Medicine, hal ini memang mengganggu tapi tidak berbahaya.

2. Wordnesia

Pernahkah kamu melihat sebuah kata yang terlihat “tidak benar” dan merasa kalau kata tersebut salah ditulis atau diketik? Padahal kenyataannya kata tersebut memang sudah begitu adanya sejak dulu. Jika pernah, berarti kamu sedang mengalami wordnesia, yaitu saat kata umum dan sederhana tapi terlihat aneh. “Tidak ada dasar neurologis untuk hal itu. Ini hanya anekdot dan bisa menjadi unsur kelelahan,” kata Towfigh.

3. Déjà Vu

Banyak orang yang mengklaim kalau mereka pernah mengalami déjà vu, seperti merasa pernah ke suatu tempat padahal baru pertama kali mengunjungi, merasa pernah mengalami suatu kejadian, atau merasa pernah melakukan obrolan yang serupa.

Menurut Towfigh, déjà vu ini mungkin terjadi karena sedikit perbedaan dalam kecepatan otak dalam memproses sebuah informasi. Salah satu teori di balik déjà vu adalah bahwa informasi masuk beberapa milidetik sebelum mata atau telinga dan membuatnya merasa seolah-olah hal itu sudah terjadi.

Baca juga: Ini yang Terjadi Pada Otak dan Tubuh Manusia Ketika Membaca Berita Tentang Covid-19

4. Synesthesia

Bagi orang dengan synesthesia, rangsangan dari satu sisi dapat memicu respon paksa dari arti yang berbeda. Seseorang bisa “merasakan” nama atau melihat huruf dan angka dalam warna. Beberapa seniman dengan keadaan seperti ini adalah Mary J. Blige, Bob Dylan, dan Pharrell Williams.

5. Amnesia

Tiba-tiba lupa dengan nama sendiri dan tidak mengenali orang-orang di sekitar bisa menjadi gejala amnesia sementara. Tidak mengingat di mana keberadaan dan apa yang terjadi saat ini juga bisa menjadi tanda stroke.

6. Jamais Vu

Mungkin tak banyak yang mengetahui istilah jamais vu, ini adalah suatu kondisi kebalikan dari déjà vu. Orang yang mengalami jamais vu akan merasa asing dengan tempat yang sebenarnya sudah sangat familiar.

Menurut Towfigh, keadaan seperti ini biasanya sering terjadi sebelum seseorang mengalami serangan epilepsi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)