home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Iritasi Kulit, Simak Perilaku Sehat dalam Menggunakan Pembalut

Kamis, 17 September 2015 18:58 by fzhchyn | 10617 hits
Cegah Iritasi Kulit, Simak Perilaku Sehat dalam Menggunakan Pembalut
Image source: flickr.com

DREAMERSRADIO.COM - Meski dialami setiap bulannya, tapi masih banyak wanita yang kurang memperhatikan kebersihan diri, pakaian, dan tempat sekitar saat menstruasi. Selain rutin mengganti pembalut, masih ada beberapa kebiasaan bersih yang seharusnya dilakukan.

Melansir laman Women’s Health, biasanya wanita lebih mengutamakan faktor kemanan seperti memilih pembalut yang tidak mudah bocor atau tembus. Padahal ada yang lebih penting dari itu, yaitu kemanan bagi kulit.

Nah agar kulit tak iritasi saat menstruasi, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat sebelum dan hendak menggunakan pembalut.

1. Cuci tangan

Mencuci tangan sebelum dan sesudah memasang pembalut itu sangat penting. Mencuci tangan sebelum memasang pembalut dimaksudkan agar kuman yang ada di tangan tak menyebar ke pembalut yang mungkin bisa mengiritasi.

2. Simpan di tempat kering

Baca juga: Ada Bahaya Mengintai dari Kebiasaan Menyimpan Pembalut di Tas Terlalu Lama

Simpan pembalut di tempat kering. Jangan letakkan di tempat lembab, misalnya kamar mandi. Menyimpan pembalut di tempat lembab akan menyebabkan timbulnya bakteri, sehingga bisa terjangkit infeksi vagina dan jamur.

3. Hindari bahan pemutih dan pewangi

Sebisa mungkin hindari penggunaan produk pembalut yang mengandung bahan pemutih dan pewangi karena kedua bahan tersebut bisa menimbulkan iritasi dan alergi.

4. Penanganan yang sesuai

Bedakan reaksi alergi dan iritasi yang terjadi karena pembalut karena keduanya memiliki penanganan yang berbeda. Reaksi iritasi lebih dominan rasa perih, meski ada sedikit gatal. Reaksi akan berhenti ketika pembalut tidak digunakan lagi.

Sedangkan pada reaksi alergi, dominan rasa gatal, dan tidak akan berhenti meski pembalut dilepas. Untuk menghilangkannya perlu minum obat antialergi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)