home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Makan Sampai Bersih Ternyata Picu Kegemukan?

Senin, 21 September 2015 12:14 by fzhchyn | 8970 hits
Kebiasaan Makan Sampai Bersih Ternyata Picu Kegemukan?
Image source: grist.org

DREAMERSRADIO.COM - Sejak kecil, kita pasti sudah diajarkan oleh orangtua untuk tidak menyisakan makanan di piring alias harus menghabiskan makanan sampai bersih. Penanaman nilai sosial ini memang baik karena mengajarkan kita untuk tidak membuang makanan.

Meski baik, tapi menurut Emilia E. Achmadi, MS., RD., ahli gizi yang menjadi konsultan di One Step Sport Nutrition mengatakan bahwa hal ini juga bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh. Bila prinsip “tidak membuang makanan” berarti “menimbun kelebihan kalori”, siapa yang mau? Urusannya bukan hanya angka di timbangan, tapi juga kesehatan.

Saat dewasa, kita tentu sudah bisa mengira-ngira porsi makan yang sesuai dengan kapasitas dan lapar mata sebaiknya tidak digubris. “Yang paling baik adalah makan sesuai kapasitas. Ini membuat kita bertanggungjawab dan disiplin. Tidak jarang kita lebih sering lapar mata ketimbang lapar beneran. Jadi, sebaiknya latih diri untuk mengontrol porsi,” kata Emelia.

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

Namun ada kalanya kita berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk mengontrol porsi makan. Misalnya saat makan di restoran atau mendapat jatah makan nasi kotak. Emilia pun menyarankan untuk berbagi porsi dengan teman.

“Atau makan setengah dan bungkus sisanya. Lebih baik dilakukan di awal ketimbang setelah sisa. Kalau diperlakukan sebagai sisa, bisa jadi ada perpindahan bakteri dari alat makan yang kita pakai. Bakteri ini bisa berkembang biak dan memengaruhi fungsi pencernaan saat kita makan selanjutnya,” jelas Emilia, mengutip laman Women’s Health.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)