home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Proses yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Mengalami Kematian

Rabu, 30 September 2015 20:00 by fzhchyn | 2064 hits
Ini Proses yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Mengalami Kematian
Image source: Getty Image

DREAMERSRADIO.COM - Kematian memang menjadi sebuah kenyataan yang membuat keresahan bagi kita semua, tapi sangat sedikit orang yang mengetahui apa yang terjadi pada tubuh setelah meninggal. Tapi sebenarnya, ada fakta menarik dibalik kematian yang perlu diketahui.

Melansir laman Metro, berikut adalah beberapa hal terjadi setelah sehari, dua hari, sampai berbulan-bulan setelah tubuh meninggal.

1. Mati dingin
Sesaat setelah jantung berhenti berdetak, tubuh akan cepat mendingin sampai mencapai suhu kamar. Hal ini dikenal dengan istilah Algor Mortis

2. Rigor Mortis
Tanpa pompaan dari jantung, darah akan menggumpal di pembuluh darah, arteri, dan kapiler, sehingga menyebabkan tubuh kaku. Rigor mortis ini terjadi sekitar 2-6 jam setelah kematian.

3. Dekomposisi
Selama beberapa hari setelah kematian, beberapa sel (seperti sel-sel kulit) masih hidup. Karena itu, bakteri yang hidup mulai rusak dan membusuk di tubuh.

4. Warna
Setelah kematian, pertama tubuh akan berubah warna menjadi hijau, kemudian ungu, dan akhirnya berubah warma menjadi kehitaman.

Baca juga: 3 Fakta Jatung Bengkak yang Dialami Melisha Indonesia Idol Sebelum Meninggal

5. Bau
Tubuh yang membususk akan mengeluarkan bau gas belerang yang sangat mengerikan, mirip dengan bau telur busuk.

6. Kembung
Gas juga menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan mayat mengembang, mata yang terlihat lebih menonjol keluar dari rongganya, bahkan lidah pun keluar dari mulut.

7. Melepuh
Seminggu setelah kematian, kulit tubuh akan melepuh sehingga sentuhan sedikit saja akan membuat kulit rusak dan bahkan hancur.

8. Kuku dan rambut rontok
Dan akhirnya sebulan setelah kematian, rambut dan kuku akan rontok. Serta organ-organ dalam tubuh mulai mencair. Tubuh kemudian membengkak sampai hancur dan hanya meninggalkan kerangka.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)