home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Cara Menyiasati Asupan Nasi Putih Agar Konsumsi Tak Berlebihan

Senin, 05 Oktober 2015 19:58 by fzhchyn | 3333 hits
Simak Cara Menyiasati Asupan Nasi Putih Agar Konsumsi Tak Berlebihan
Image source: wikihow.com

DREAMERSRADIO.COM - Mengkonsumsi nasi bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan sampai ada istilah “kalau belum makan nasi berarti belum makan”. Meski menjadi makanan pokok, kita juga harus mengetahui batasan konsumsi nasi ini.

Seperti yang diketahui, nasi putih mengandung gula yang bisa menimbulkan penyakit diabetes jika dikonsumsi tanpa aturan. Lalu bagaimana cara menyiasati konsumsi nasi putih? Ternyata peran lauk saat makan  juga mempengaruhi.

Lauk yang lezat dan menggugah selera cenderung akan membuat seseorang mengkonsumsi lebih banyak nasi, bahkan jika lauk tersebut tergolong sayuran yang sehat seperti olahan tumisan misalnya.

Menurut Yunita, SKM, MPH, ahli nutrisi dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, sayuran bermanfaat sebagai antioksidan yang bekerja mengikat lalu menghancurkan radikal bebas, juga sebagai sumber serat yang membantu gerakan peristaltic usus sehingga dapat mendorong sisa makanan ke luar tubuh.

Baca juga: Banyak Makan Nasi Putih Bikin Tubuh Lemas, Mitos atau Fakta?

Dalam sayuran terkandung 50 kalori, 3 gram protein, 10 gram karbohidrat dalam 100 gram atau 1 gelas sayuran. Tapi, begitu diolah dengan ditumis akan bertambah menjadi 140 kalori dan 10 gram lemak. “Minyak biasanya berfungsi memberi rasa gurih sehingga makanan menjadi lebih enak dan lebih beraroma. Fungsi ini dapat menyebabkan seseorang mengkonsumsi nasi lebih banyak,” kata Yunita.

Untuk menyiasatinya, Yunita pun menyarankan untuk memvariasikan jenis olahan sayuran dan tidak hanya mengkonsumsi sayuran yang ditumis. Selingi mengolah dengan cara dikukus, dipanggang, direbus (sup/sayur bening), dan di stup dengan menambahkan bumbu sesuai selera.

(fzh/women's health)

Komentar
  • HOT !
    Timnas Indonesia U 23 akan berlaga melawan Timnas Irak U 23 untuk memperebutkan tempat ketiga Piala Asia U 23 agar mengamankan posisi Grup C ke Olimpiade Paris 2024. Seperti yang diketahui, Indonesia dan Irak sama sama tidak lolos ke final Piala Asia U 23 2024 di mana Indonesia kalah dari Uzbekistan sementara Irak dikalahkan Jepang....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 berlangsung sukses! Melalui acara ini, telah menemukan bakat bakat baru yang siap bergabung menjadi announcer di Dreamers Radio....
  • HOT !
    Indonesia Comic Con dengan bangga mengumumkan event terbaru, Indonesia Anime Con (INACON) di acara Kick Off INACON pada tanggal 5 Maret 2024 di Irotikay Infinity. Indonesia Anime Con akan berlangsung pada tanggal 15 16 Juni 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)