home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Percantik Diri dan Buat Ciri Khas, Trotoar di Yogyakarta Akan Dibatik!

Jumat, 09 Oktober 2015 18:02 by fzhchyn | 2244 hits
Percantik Diri dan Buat Ciri Khas, Trotoar di Yogyakarta Akan Dibatik!
Image source: abadtranspo

DREAMERSRADIO.COM - Kota Yoyakarta mulai membenahi infrastruktur di kawasan khusus yang masuk kawasan Jogja Heritage City atau Yogya Kota Pusaka. Dan salah satu yang diusulkan adalah pembenahan infrastruktur pejalan kaki alias trotoar.

“Opsinya ornamen trotoar diganti dengan batu candi seperti Monumen Tugu dan Titik Nol, atau beton bermotif batik,” ujar Kepala Dinas Sarana Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta Toto Suroto di sela pembahasan dengan DPRD Kota Yogyakarta pada Kamis (08/10) mengutip laman Tempo.

Kawasan Jogja Heritage City ditetapkan sejak akhir 2013 lalu antara pemerintah kota dan pemerintah DIY. Tujuannya adalah untuk menyiapkan kawasan itu menjadi representasi utama wajah kota lewat penataan artefak sejarah kebudayaan.

Setelah melakukan survei awal ke sejumlah produsen batuan bermotif, Toto mengatakan bahwa anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan pembenahan tersebut akan sangat besar jika dilakukan serentak di lima titik, yaitu Kotabaru, Kotagede, Keraton, Pakualaman, dan Malioboro.

Baca juga: Revitalisasi Trotoar Tuai Kritikan, Anies Baswedan: Yang Bikin Macet Itu Mobil dan Motor

“Satu keping batu bermotif batik harganya setara dengan satu meter persegi trotoar beton biasa. Kalau dilaksanakan serentak bisa membebani anggaran, maka rencananya digarap per kawasan,” ujar Toto. Membuat satu meter persegi trotoar dengan beton biasa anggarannya sekitar Rp 50 ribu. Dengan batu bermotif bisa empat kalinya karena bentuk motif batuan itu satuan.

Namun, pemerintah mengaku proyek penataan trotoar itu kemungkinan baru bisa diusulkan dalam anggaran tahun 2017. Sebab, kondisi trotoar di Kota Yogyakarta saat ini tidak terlalu ideal dengan mimpi penataan yang direncanakan.

Trotoar di Kota Yogyakarta berbeda kondisinya dengan trotoar seperti Kota Surabaya yang relatif lebih lebar dan mudah diganti dengan batuan bermotif seperti yang direncanakan. Di Kota Yogya, lebar trotoarnya rata-rata hanya 1,2 sampai 2,5 meter dengan total panjang sekitar 240 kilometer.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)