home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Datangnya Rasa Kantuk Setelah Makan dengan Cara Ini

Selasa, 20 Oktober 2015 14:21 by fzhchyn | 2257 hits
Cegah Datangnya Rasa Kantuk Setelah Makan dengan Cara Ini
Image source: shutterstoc

DREAMERSRADIO.COM - Penyebab rasa kantuk yang datang setelah makan masih sulit dimengerti. Saat makan, usus akan mengeluarkan hormon enterogastrones yang mempengaruhi aliran darah. Produksi produksi neurotransmitter serotonin dan melatonin juga bisa meningkat karena hormon disebut CCK atau cholecystokinin yang membuat mengantuk.

Terlepas dari penyebab rasa kantunk yang datang setelah menyantap makanan dalam porsi yang cukup besar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kantuk datang, melansir laman The Conversation.

1. Jangan makan berlebih

Selain memperhatikan porsi makan, usahakan jangan makan terlalu terburu-buru meski sedang sangat lapar. Nikmati waktu selagi makan bisa meningkatkan hormon alami tubuh yang disebut leptin, yaitu hormon ini bisa mengurangi rasa lapar dan menurunkan hormon ghrelin, yang biasanya hanya tercipta saat makan. Dengan begitu, nafsu makan pun akan turun dan merangsang rasa kenyang.

2. Makanan seimbang

Dalam makanan yang disantap, usahakan proporsi protein, karbohidrat, dan lemaknya seimbang. Jangan sampai mengabaikan salah satu kelompok makanan, karena semuanya mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh.

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

3. Jangan lupa sayuran

Pastikan untuk mendapat semua mineral dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi sayuran atau salad dalam makanan yang disantap. Selain itu, buah dalam jumlah cukup setelah makan juga perlu.

4. Hindari ngemil di luar

Setelah makan makanan utama, usahakan untuk tidak makan makanan ringan sembarangan. Sebaiknya buat tubuh tetap aktif sehingga dapat mengontrol gula darah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)