home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mudahnya Mengecek Kehalalan Produk Makanan Korea yang Beredar di Indonesia

Selasa, 20 Oktober 2015 18:59 by fzhchyn | 6198 hits
Mudahnya Mengecek Kehalalan Produk Makanan Korea yang Beredar di Indonesia
Image source: detik.com

DREAMERSRADIO.COM - Sejumlah perusahaan makanan dan obat dari Korea ikut memamerkan produk halal mereka di K-Food Fair yang digelar di Hotel Mulia, Senayan. Hal ini merupakan usaha mereka untuk mendapatkan sertifikat halal dari kedua lembaga yang berwenang di Indonesia.

Upaya ini pun disambut baik Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Bahkan pihak MUI telah bekerjasama dengan Korea Muslim Federation (KMF) dengan membuka sebuah kantor representatif di negara tersebut.

"Perusahaan Korea kalau mau mengajukan pendaftaran bisa ke kantor representatif itu dulu. Tapi kalau yang mau perpanjang harus ke kantor pusat yang ada di Jakarta," ungkap Lia Amalia, Director of Division Socialization and Promotion LPPOM MUI.

Beberapa perusahaan yang sudah yakin dijamin kehalalannya antara lain sari buah Harangfarm, Kwak Chun Gen. Kemudian ada perusahaan Kimchi yang diproduksi Chongga, buah-buahan segar dari Evergood dan beras instan dari Young Poong. Sedangkan dari obat-obatan terdapat perusahaan Dae Dong Korea Ginseng.

"Sementara ini kami akan menjual produk premium, dan tidak akan mengadopsi makanan-makanan Korea yang sudah beredar di Indonesia," imbuh Jae Su Kim, Presiden aT, Korea Agro Fisheries and Food Trade Corporation.

Lia juga menjelaskan untuk konsumen yang ingin mengecek halal tidaknya makan Korea yang beredar di pusat perbelanjaan dapat melakukan berbagai cara. Pertama dengan mengecek merek makanan atau nama perusahaan makanan di halalmui.org

Selanjutnya, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan perangkat ponsel pintar, android dan blackberry. "Download dulu aplikasi pro halal, lalu scan saja barcode di bungkus makanan korea yang Anda ingin beli," tutur Lia pada Jumat, 16 Oktober 2015.

Sedangkan bagi pengguna Telkomsel dan Indosat, mereka juga dapat segera mengetahui kehalalan makanan Korea dengan mengirim SMS ke 9855.

"Ketik nama merek makanannya, nanti akan langsung mendapat balasan halal tidaknya," pungkas Lia.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)