home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Hobi Nonton Drama Ternyata Bisa Tingkatkan Kecerdasan Emosi!

Jumat, 23 Oktober 2015 14:00 by fzhchyn | 4623 hits
Wah, Hobi Nonton Drama Ternyata Bisa Tingkatkan Kecerdasan Emosi!
Image source: MBC

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, apa kamu termasuk orang yang gemar menonton serial drama? Selain bisa untuk menghibur diri karena melihat aktor dan aktris favorit berperan serta alur ceritanya yang menarik, ternyata dari segi kesehatan, menonton drama memiliki manfaat lho.

Dalam sebuha studi yang dipublikasikan dalam Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts menunjukkan bahwa menonton drama televisi ternyata bisa meningkatkan kecerdasan emosi dan membuat diri lebih berempati.

Dalam studi ini, para peneliti meminta sekitar 100 orang partisipan untuk menonton drama televisi atau film dokumenter, sebelum mereka menjalani tes psikologis. Tes tersebut bertujuan untuk mengukur kecerdasan emosi.

Melansir laman Health.Com, pada akhir tes para peneliti pun menemukan bahwa partisipan yang menonton drama fiksi mendapatkan hasil tes lebih baik dibandingkan mereka yang menonton tayangan nonfiksi.

Baca juga: drama

Peneliti mengungkapkan, narasi fiksi dapat membuat penontonnya melihat masalah dari berbagai perspektif. Karena tidak semua emosi karakter diperlihatkan, maka penonton seakan dipaksa menebak-nebak perasaan dan pemikiran karakter itu.

Dengan kata lain, saat seseorang menonton tayangan yang menggugah emosi, maka ini bisa melatihnya bersimpati pada orang lain. Tapi perhatikan juga waktunya ya Dreamers. Jangan berlebihan karena bisa mengganggu kualitas tidur.

Selain itu, usahakan untuk berjalan kaki selama 10 menit setiap selesai menyelesaikan satu episode untuk menghindari kegiatan duduk terlalu lama.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)