home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Makan di Luar Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung Pada Anak Muda

Senin, 26 Oktober 2015 23:00 by fzhchyn | 2432 hits
Sering Makan di Luar Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung Pada Anak Muda
Image source: nydailynews

DREAMERSRADIO.COM - Jika dulu kita biasa mendengar kalau penyakit jantung hanya dialami oleh orang tua dengan usia di atas 50-an, maka kini tak lagi seperti itu. Penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) semakin mengintai anak muda.

Menurut dr. Anna Ulfah Rahajoe, SpJP(K) dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, penyebab utama meningkatnya jumlah penderita jantung pada orang muda adalah makanan.

"Anak muda sekarang senangnya makan di luar atau jajan. Karena merasa mampu, pengennya makan yang enak-enak. Pilihan makanannya yang tinggi kolesterol, garam, atau gula. Ini berpotensi menyebabkan penyakit, terutama penyakit jantung koroner hipertensi, dan diabetes," kata dr. Anna, mengutip laman Women’s Health.

Gaya hidup "makan sembarangan" ala kalangan muda ini kadang diperburuk dengan banyak merokok, minum minuman beralkohol, dan stres karena pekerjaan. Menurut Anna, anak muda terlalu sibuk mengejar karier sehingga kurang beraktivitas fisik. Akumulasi dari semua gaya hidup itu, ditambah faktor keturunan atau genetik yang semakin rapat, membuat anak muda rentan menderita penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Kenapa Generasi Milenial Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung?

Untuk mencegah dan menurunkan risiko penyakit tersebut, sebaiknya memiliki pola makan yang benar dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan rumahan yang diketahu bahah-bahan dan cara membuatnya sehingga cenderung lebih sehat dengan gizi seimbang.

Selain pola makan, olahraga juga wajib hukumnya. Disarankan untuk olahraga lima hari dalam seminggu, minimal 30 menit setiap hari. Kebiasaan berolahraga ini harus dimulai sejak anak-anak.

Istirahat juga jadi faktor penting. "Orang yang kurang istirahat cenderung mengalami kelebihan berat badan. Jadi jangan bekerja melulu, istirahatlah yang cukup," kata dr. Anna.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)