home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Buka-bukaan, Bagaimana Tren Operasi Plastik di Indonesia?

Selasa, 27 Oktober 2015 23:00 by fzhchyn | 3850 hits
Mulai Buka-bukaan, Bagaimana Tren Operasi Plastik di Indonesia?
Image source: shutterstoc

DREAMERSRADIO.COM - Untuk mendapatkan penampilan yang sempurna, banyak cara yang bisa ditempuh. Mulai dari perawatan alami, penggunaan makeup, sampai cara paling instan namun butuh biaya besar yaitu operasi plastik.

Di Indonesia sendiri, praktik operasi plastik ini sebenarnya mulai banyak diminati namun para pelakunya (pasien) cenderung tidak mengumbar bahwa diri mereka telah melakukan perubahan bentuk di bagian tubuh, seperti hidung, pipi, bibir, dagu, dan mata.

Menurut seorang dokter bedah plastik dr. Teuku Adifitrian Sp.BP atau yang lebih kita kenal dengan nama Tompi, bisnis operasi plastik di Indonesia ini sedang tumbuh pesat. “Sangat menjanjikan. Sekarang lagi fast growing, dimensinya makin naik. Pemainnya belum terlalu banyak, compare to community number. Masih butuh banyaklah,” ujarnya, seperti mengutip laman Tempo.

Tompi mencontohkan Korea Selatan, yang notabene negara kecil tapi sudah memiliki 2.500 dokter bedah plastik. Sedangkan Indonesia yang merupakan negara besar dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta baru memiliki 200-an dokter bedah plastik.

Dengan jumlah yang tergolong sedikit ini, membuat bisnis oplas di Indonesia tak hanya dari kalangan dokter bedah plastik, tapi bisa juga dokter spesialis THT, kulit, bahkan jantung. Inilah mengapa Tompi menyarankan pasien harus berhati-hati dalam memilih dokter.

Baca juga: Deretan Idol K-Pop yang Akui Jalani Prosedur Operasi Wajah (Part 2)

“Pekerjaan ini sangat menjanjikan. Jadi, semua mau main. Sekarang makin berkembang, misalnya bagian mata atau THT ada subnya yang menangani estetika mata atau hidung. Misalnya, membentuk lipatan mata,” kata dia.

Di Indonesia, sebagian dokter bedah plastik memilih untuk melakukan praktik di klinik karena sifatnya yang one stop service. Jadi, pasien tidak repot, tinggal datang, daftar, dibedah, terus membayar di satu tempat. Bandingkan dengan di rumah sakit yang lokasi pendaftaran, konsultasi, dan pembelian obatnya berbeda-beda.

“Kalau di klinik, semua hal termasuk yang emergency bisa dapat akses privat ke dokternya langsung. Lebih praktis dibanding di rumah sakit,” katanya.

Pendapatan yang fantastis dari menjadi seorang dokter ahli bedah membuat banyak dokter yang tertarik terjun di bisnis ini. Tapi Tompi juga menyebutkan bahwa ada klinik aesthetic yang berisikan bukan dokter bedah plastik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)