home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjurusan di Tingkat Pendidikan SMA akan Dihapus?

Sabtu, 08 Desember 2012 09:00 by ningcil | 10166 hits
Penjurusan di Tingkat Pendidikan SMA akan Dihapus?
news.loveindonesia.com

Kurikulum Indonesia yang terus berubah-ubah setiap tahunnya, tampaknya akan memberikan perubahan yang cukup besar pada tahun 2013 mendatang. Perubahan yang signifikan tersebut akan diberlakukan kepada Sekolah Menengah Atas (SMA). Jenjang pendidikan SMA yang biasanya memiliki jurusan IPA, IPS, dan biasanya ditambah jurusan Bahasa ini rencananya akan tidak diberlakukan lagi.

Penjurusan dalam tingkat pendidikan SMA yang dinilai tidak lagi efektif untuk mengembangkan bakat dan minat siswa ini, menurut Dirjen Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad akan ada dua alternatif kurikulum baru yang dapat ditawarkan kepada para pelajar SMA. Nantinya, sistem pendidikan pada tingkat SMA ini akan dibuat seperti sistem pendidikan yang biasa ditemui pada program sekolah tinggi atau universitas, yaitu Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem moving class juga akan diberlakukan bagi siswa SMA untuk mempermudah dalam memilih mata pelajaran yang disukainya.

Seperti yang dilansir dari Kompas, Hamid Muhammad mengatakan, “Jadi dengan kelompok peminatan ini, yang suka IPA memilih kelompok IPA tapi tetap boleh ambil mata pelajaran dari kelompok peminatan lain. Komposisinya tetap diatur nanti. Yang pasti untukkelompok IPA, mata pelajaran pada kelompok itu harus lebih banyak.”

 Hal ini sepertinya merupakan ide yang cukup baik, mengingat banyak diantara siswa SMA yang memilih jurusan IPA namun setelah masuk Universitas atau Sekolah Tinggi, minatnya malah beralih ke jurusan yang berhubungan dengan IPS, atau sebaliknya. Sehingga banyak diantara mereka yang harus belajar lagi dari awal karena saat SMA tidak mendapatkan mata pelajaran tersebut karena beda jurusan.

Semoga dengan adanya pengelompokkan minat dan bakat sejak dini, para siswa bisa lebih mudah dalam menyerap ilmu pelajaran yang diberikan, tinggal pemerintah merapikan sistemnya saja sehingga tidak menyulitkan dan malah terbengkalai. Bagaimana menurut kamu Dreamers?

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)