home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ganggu Kesehatan, Jangan Buat Sistem Pencernaan Bekerja Lebih dengan Cara Ini

Selasa, 10 November 2015 17:00 by fzhchyn | 1464 hits
Ganggu Kesehatan, Jangan Buat Sistem Pencernaan Bekerja Lebih dengan Cara Ini
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Kesehatan tubuh banyak dipengaruhi oleh asupan makanan. Nah dari sana, maka beban terberat tubuh terdapat pada sistem pencernaan. Meringankan beban pencernaan tentu akan membantu menjaga kesehatan. Untuk melakukannya pun dapat dilakukan dengan mudah kok.

Mengutip dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, karya Andang Widhawari Gunawan seorang ahli terapi nutrisi, berikut beberapa tips yang dapat membantu mengurangi kerja sistem pencernaan.

1. Minum air putih hangat saat bangun tidur

Dianjurkan untuk minum air putih saat bangun tidur. Airbisa dicampur dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon untuk melancarkan pencernaan. Setelah itu lakukan olahraga ringan secara teratur, misalnya senam pernapasan, jalan kaki, atau lompat tali.

2. Perhatikan Porsi Makan

Lebih baik makan 3 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil, daripada 1 kali tapi dalam porsi berlebihan. Sangat penting untuk mempertimbangkan keterbatasan daya tampung lambung. Jangan berlebihan sehingga membuat pencernaan bekerja lebih keras.

3. Sarapan Pagi

Baca juga: Minum Air Setelah Makan Justru Dapat Menyebabkan Obesitas?

Biasakan makan pagi walaupun hanya dengan sepotong buah atau segelas jus buah segar. Sarapan lengkap 4 sehat 5 sempurna tidak cocok dengan siklus tubuh di pagi hari. Terlalu banyak makan makanan padat akan menguras habis energi tubuh. Akibatnya, tubuh akan cepat lesu dan mengantuk sepanjang pagi.

4. Jangan menahan lapar

Sebaiknya hindari kebiasaan menahan lapar, hanya karena bukan saat jam makan. Makanlah camilan bergizi, seperti buah-buahan untuk mengganjal rasa lapar sebelum waktu makan (besar) tiba. Ingat untuk tidak ngemil makanan yang kurang sehat seperti keripik.

5. Jangan banyak minum saat makan

Sebaiknya minum segelas jus sayur segar 15 menit sebelum makan dan air putih 1 jam sesudah makan. Hal ini dapat membantu pencernaan lebih lancar dan hindari untuk terlalu banyak minum selagi makan karena akan mengganggu pencernaan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)