home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Sakit Tenggorokan Saat Musim Hujan dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Jumat, 13 November 2015 18:26 by fzhchyn | 3166 hits
Cegah Sakit Tenggorokan Saat Musim Hujan dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini
Image source: thekitchn.c

DREAMERS.ID - Sakit tenggorokan merupakan sakit ringan yang menyebalkan, jika kamu merasa tenggorokan gatal dan sakit saat menelan, itu biasanya terjadi karena tubuh sedang tidak fit. Faktor cuaca yang mulai dingin dan masuk musim hujan juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit tenggorokan.

Nah agar di musim peralihan alias pancaroba ini kamu tidak terserang sakit tenggorokan, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan makanan yang kamu konsumsi. Berikut tips beberapa makanan penangkal sakit tenggorokan dilansir dari Openrice.

1. Jahe

Secangkir jahe yang hangat bisa memberikan ketenangan bagi tenggorokan. Hal ini sudah dipercaya lama oleh orang Indonesia bila tenggorokannya terasa sakit atau gatal. Selain itu jahe juga bisa memberikan efek lega pada hidung sehingga batuk karena serak bisa segera ditangani. Berikan madu juga bisa melindungi tenggorokan dari iritasi dan mencegah timbulnya serak di tenggorokan.

2. Putih telur

Baca juga: Begini Cara Membedakan Sakit Tenggorokan karena Flu dan Covid-19

Banyak yang tidak tahu kalau putih telur juga mampu untuk meredakan dan rasa sakit di tenggorokan. Namun dalam mengkonsumsinya jangan mencampurkan bumbu seperti penyedap karena bisa mempeparah sakit di tenggorokan.

3. Air garam hangat

Tips ini juga sudah sering dilakukan bila mulut atau tenggorokan terasa sakit. Caranya mudah, hanya dengan mencampurkan setengah sendok garam dalam setengah liter air hangat lalu berkumur dan ditelan. Ini bisa membunuh bakteri dalam tenggorokan dan meningkatkan sirkulasi darah pembawa sel infeksi ke kerongkongan sehingga lebih cepat sembuh.

4. Lada

Rasa pedas dan panasnya memberikan aktivitas lain di otak sehingga mengurangi rasa sakit ditenggorokan. Hal ini juga bisa mempereda sinuitas sehingga memperlancar sumbat di hidung. Lada biasanya disajikan dengan sayur atau makanan berkuah lainnya.

5. Teh herbal

Teh Herbal juga bisa menjadi alternatif untuk mengobati rasa sakit di tenggorokan. Disini terdapat imun yang mampu berperal sebagai antiviral dan aktibakterial. Apalagi kalau dinikmati dengan hangat pasti membuat tubuh juga terasa rileks dan nyaman.

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)