home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cari Tahu Masalah Kesehatan yang Mungkin Dialami Melalui Kondisi Kuku

Selasa, 17 November 2015 15:33 by fzhchyn | 1946 hits
Cari Tahu Masalah Kesehatan yang Mungkin Dialami Melalui Kondisi Kuku
Image source: blog.bariel

DREAMERS.ID - Untuk mengetahui kondisi kesehatan, banyak hal kecil yang bisa dilakukan selain memeriksakan langsung ke dokter. Dengan mlihat kondisi tubuh bagian di luar, sebenarnya kita bisa sedikit mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah dengan melihat kondisi kuku. Seperti melansir laman Health, kondisi kuku seperti ini bisa mencerminkan bahwa ada yang salah dengan kesehatanmu.

1. Kuku kuning

Kuku yang menguning memang bisa terjadi secara alami karena faktor usia yang semakin menua. Tapi kadang, kuku yang menguning juga bisa disebabkan karena paparan zat kimia dari cat kuku yang biasa digunakan. Jadi untuk mengembalikan kondisi kukunya menjadi sehat, istirahatkan kuku dari polesan kuteks untuk sementara waktu.

Kemungkinan penyebab lain dari kuku yang berubah warna menjadi kuning adalah kebiasaan merokok yang dapat menodai kuku dan memberi rona kekuningan.

2. Kuku kering dan rapuh

Kuku yang kering dan rapuh bisa disebabkan karena kegiatan berenang, menggunakan cat kuku, sering mencuci piring tanpa sarung tangan, atau tinggal di lingkungan yang tingkat kelembabannya rendah.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kuku Tetap Pendek Selama Pandemi Corona

3. Kuku bengkak

“Clubbing” atau bengkak di ujung-ujung jari membuat kuku melengkung dan bulat. Hal ini bisa menjadi tanda penyakit hati atau ginjal. Jadi sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk parawatan lebih lanjut.

4. Bintik putih di kuku

Kebanyakan dari kita pasti pernah menemukan bintik putih di permukaan kuku. Banyak yang percaya bahwa hal itu akibat dari kekurangan kalsium, tapi sebenarnya itu ditimbulkan karena trauma seperti benturan.

5. Kuku sendok

Kuku “sendok” mengacu pada kondisi kuku yang sangat tipis sehingga bentuknya menjadi cekung. Jika kamu mengalami kondisi kuku seperti ini, bisa jadi masalahnya adalah kekurangan zat besi atau mengalami anemia (kurang darah).

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)