home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahayakan Kesehatan, Jangan Langsung Tidur Setelah Makan!

Rabu, 18 November 2015 20:24 by fzhchyn | 1995 hits
Bahayakan Kesehatan, Jangan Langsung Tidur Setelah Makan!
Image source: spoonuniver

DREAMERS.ID - Rasa kantuk yang datang setelah menyantap makan besar memang sulit dihindari. Terlalu merasa lapar kadang membuat kita kalap sehingga banyak makan dan mengakibatkan aliran oksigen ke otak berkurang dan mengakibatkan kantuk.

Tapi sebagaimana pun mengantuknya kamu setelah makan, jangan sampai langsung pulas tertidur ya! Karena hal itu bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari gangguan pencernaan sampai risiko stroke.

Nah, seperti yang dilansir laman Live Strong, berikut adalah beberapa bahaya yang  terjadi jika langsung tidur setelah makan.

1. Berat badan naik

Untuk menurunkan berat badan, kamu harus membakar kalori lebih banyak dari kalori yang masuk ke tubuh. Makan larut malam sangat berbahaya karena bisa membuat tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Jika kamu lapar tengah makan, sebaiknya cobalah mengisi perut dengan makanan sehat seperti salad dan buah, bukan makanan tinggi kalori seperti kue atau pizza.

2. Rasa panas di dada

Baca juga: Rasa Kantuk Yang Disebabkan Dari Mengkonsumsi Susu Ternyata Tidak Ada Hubungannya?

Berbaring setelah makan mungkin akan membuat nyaman pada awalnya. Tapi sementara tubuh beristirahat, sistem pencernaan akan bekerja keras. Langsung tidur setelah makan bisa memicu sakit maag, yang disebabkan oleh kelebihan asam lambung sehingga menimbulkan heartburn atau rasa panas yang menyebar naik dari perut ke dada dan kadang sampai tenggorokan.

3. Refluks asam

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan. Hal ini memungkinkan asam lambung untuk kembali ke tenggorokan, yang menyebabkan sensasi terbakar. Berbaring ke sisi kanan setelah makan dapat memperburuk kondisi ini.

4. Risiko Stroke

Langsung tidur setelah makan juga dapat meningkatkan peluang untuk mengalami stroke, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ioannina Medical School di Yunani. Hal ini terjadi karena, pertama, refluks asam lebih mungkin menyebabkan apnea tidur, yaitu napas yang tiba-tiba terhenti saat tidur.

Kedua, karena sistem pencernaan bekerja keras sehingga dampaknya meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah dan mungkin juga mempengaruhi kolesterol yang meningkatkan peluang stroke.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)