home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Biaya Paspor Terlampau Mahal, Nafsu Traveling Banyak Tertahan Di Negara Ini

Senin, 23 November 2015 20:21 by reinasoebisono | 2536 hits
Biaya Paspor Terlampau Mahal, Nafsu Traveling Banyak Tertahan Di Negara Ini
Image source: Travel and

DREAMERS.ID - Jalan-jalan ke luar negeri memang jarang ada yang murah, semakin murah biayanya tentu fasilitas didapat juga makin membumi atau sederhana. Tapi apa jadinya jika ingin memiliki izin berkelana ke luar negeri saja membutuhkan biaya yang sangat mahal?

Di Turki, biaya pembuatan paspor setara dengan bekerja selama 95 jam dengan gaji standar federal negaranya. Jika dihitung, jika ingin membuat paspor di Turki harus mengeluarkan biaya US$ 251 atau Rp3.5 juta!

Bandingkan dengan pembuatan paspor di Indonesia yang berkisar Rp 300-600 ribu tergantung jenis dan alasan pembuatan paspornya. Jauh sekali ya bedanya hingga 10 kali lipat.


Hagia Sophia yang menjadi landmark Turki (teslasociety.com)

Para travelers selama ini menganggap Amerika lah yang memiliki biaya paspor termahal, ternyata mereka salah. Karena situs riset Statista merilis daftar negara dengan biaya pembuatan paspor termahal dan Amerika berada di posisi kelima.

Baca juga: Sudah Tahu? Masa Berlaku Paspor Indonesia Kini 10 Tahun

1. Turki : Rp 3.5 Juta
2. Australia : Rp 2.9 Juta
3. Swiss : Rp 2.2 Juta
4. Meksiko : Rp 2.1 Juta
5. Amerika : Rp 1.9 Juta
6. Itali : Rp 1.8 Juta
7. Kanada : Rp 1.8 Juta
8. Jepang : Rp 1.6 Juta
9. Selandia Baru : Rp 1.6 Juta
10. Inggris : Rp 1.5 Juta

Entah apa alasannya negara-negara di atas memiliki biaya pembuatan paspor yang begitu mahal. Tapi positifnya, warga negaranya menjadi ‘malas’ ke luar negeri dan lebih cinta traveling lokal yang menuntut infrastruktur wisata lokal yang baik pula.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)